Home Gaya Hidup Polres Pemalang Lepas Purnawirawan dengan Becak Hias

Polres Pemalang Lepas Purnawirawan dengan Becak Hias

Pemalang, Gatra.com – Ada yang tak biasa di Markas Polres Pemalang, hari ini, Selasa (17/7). Sejumlah becak hias tampak berjejer tatkala personel Polres Pemalang melakukan apel pelapasan untuk anggota polisi yang memasuki  purnatugas.

Hari itu,  sebelas wisudawan Polri Polres Pemalang beserta pendamping masing-masing  memasuki purnabakti mengikuti tradisi gerbang pora. Suasana pun berubah menjadi mengarukan..

Tetapi, keharuan yang menyelimuti Mapolres segera saja menguap dan berganti suasana riang. Para wisudawan, menunggangi becak yang dihias dan dikayuh Bintara Remaja Polres Pemalang.

“Sebelas personel yang memasuki purna bhakti mulai pangkat komisaris polisi hingga ajun inspektur polisi satu,” kata Kapolres,” kata Kapolres Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, melalui keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, para remaja bintara mengayuh becak sebagai wujud rasa sayang kepada senior yang memasuki masa purna. Selain itu, kayuh becak adalah simbol agar para polisi muda meneladani darma bakti para polisi yang pensiun ini.

“Kegiatan ini merupakan acara tradisi sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kita kepada beliau yang memasuki masa purna bhaktinya,” ucapnya.

Seusai berkeliling lingkungan Mapolres Pemalang, becak melintas ke Jalan Jenderal Sudirman Timur. Kemudian kesebelas becak itu mengambil rute hingga depan SMAN 2 Pemalang.

Sepanjang jalan, banyak warga yang menonton adegan mengharukan sekaligus menggembirakan itu. Mereka menyapa para polisi sepuh yang memasuki usia pensiun ini. Selanjutnya, becak kembali lagi ke Mapolres Pemalang.

“Kami merasa bangga dan terharu atas penghargaan kepada kami, semoga ke depan Polri semakin profesional, modern dan terpercaya,” ucap salah satu wisudawan purnabakti, Kompol (Purn) Sukarno.

843