Home Ekonomi Siap-Siap! Durian Indonesia Akan Tembus Pasar Cina

Siap-Siap! Durian Indonesia Akan Tembus Pasar Cina

Jakarta, Gatra.com - Staf Ahli Bidang Perdagangan dan Hubungan Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini mengatakan, buah durian menjadi salah satu komoditas ekspor yang dibutuhkan di Cina. Dia mendorong eksportir Indonesia untuk dapat melakukan pasokan buah durian ke Cina.
 
"Hortikultura kita sudah banyak yang mengharapkan. Saya di pertengahan bulan Agustus nanti akan ada enam buyer dari Tiongkok yang antara lain nanti minta atau membutuhkan durian," jelasnya di Jakarta Utara, Minggu (28/7).
 
 
Agar ekspor komoditas ini berjalan mulus, protokol kesehatan buah durian harus dibuat terlebih dahulu. Pada 2019 ini, lanjut Banun, Badan Karantina Pertanian (Barantan) akan membuat protokol tersebut. 
 
 
Tidak bisa dipungkiri, negeri tirai bambu menjadi salah satu prioritas ekspor Indonesia. Selain durian, ekspor ayam beku juga akan digalakan pemerintah tahun ini.  
 
"Sambil kita mulai memberikan pelatihan dan pendidikan pelaku usahanya. Mudah-mudahan kalau protokolnya bisa tahun ini, kita bisa ekspor tahun ini untuk durian," demikian Banun. 
278