Home Ekonomi Usut Tuntas Insiden Mandiri, Tim OJK Terjunkan Tim IT

Usut Tuntas Insiden Mandiri, Tim OJK Terjunkan Tim IT

Jakarta, Gatra.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengirimkan tim IT-nya guna mengusut tuntas insiden terjadi kekacauan, yang menyebabkan sejumlah nasabah mengalami perubahan saldo tabungannya pada PT Mandiri Persero Tbk, Sabtu lalu (20/7). 

Tim IT OJK kini mulai diterjunkan dan bekerja sejak Senin lalu (22/7).

“Sudah seminggu. Mereka mulai melakukan evaluasi, sampai sekarang,” ujar Kepala Departemen Pengawasan Bank OJK, Hizbullah, di Gedung Ombudsman, Jakarta, Sabtu (29/7).

Dilihat dari prosesnya, kata Hazbullah, evaluasi sudah hampir selesai dengan perkiraan proses yang berjalan sudah lebih 50%.

selama sepekan evaluasi, kata Hazbullah, sejauh ini belum ditemukannya faktor lain selain erornya sistem. Tetapi, apabila ditemukan human error atau fraud, maka akan dijatuhkan sanksi sesuai dengan peraturan yang telah berlaku.

Hazbullah menjelaskan, tujuan dari evaluasi, ini tidak hanya untuk mengetahui hasil pemeriksaan, tetapi antara lain, ialah terkait apakah akan diadakannya perubahan peraturan atau hanya dalam bentuk meningkatkan managenent resikonya saja.

“Tentunya tujuan kita itu, jangan sampai nasabah dirugikan saja,” ujarnya.

OJK pun menargetkan, evaluasi sudah harus selasai dalam waktu dua pekan. 

“Kita akan memaksimalkannya,” katanya.

69

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR