Home Gaya Hidup WICSF 2019 Diprediksi Tingkatkan Wisatawan Asing

WICSF 2019 Diprediksi Tingkatkan Wisatawan Asing

Jakarta, Gatra.com- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) kembali menggelar Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2019, di 321 pusat perbelanjaan seluruh Indonesia. Tahun ini, penyelenggaraan WICSF akan berlangsung selama satu bulan mulai 27 September-27 Oktober 2019.

WICSF merupakan salah satu event yang rutin digelar setiap tahun. Terutama untuk mempromosikan wisata kuliner dan belanja, sebagai salah satu produk pariwisata andalan yang dapat menggenjot kunjungan wisatawan. Mega event ini juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, sebagai salah satu Calender of Event (CoE) Kemenpar, penyelenggaraan WICSF sangat penting guna menarik kunjungan wisatawan asing (wisman) ke Indonesia.

“Sekitar 30-40% wisatawan spending budgetnya di kuliner dan belanja, jadi ini penting. Sektor kuliner ini bisnis yang sempurna, karena ada tiga keunggulan di industri kuliner Indonesia yakni satu punya pasar yang besar. Kedua [seputar] tumbuhnya double digit dan ketiga profit margin-nya tinggi. Jadi, untuk festival kuliner dan belanja sudah bagus,” ujar Arief dalam konferensi pers WICSF di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Selasa (17/9).

WICSF merupakan upaya APPBI dalam mendukung gerak progresif pariwisata di Indonesia. Ketua Umum APPBI, Stefanus Ridwan mengatakan, penyelenggaraan WICSF 2019 berbeda dari tahun sebelumnya.

"Dari segi jumlah lebih banyak. Tahun ini hampir semua anggota APPBI berpartisipasi menjadi peserta WICSF 2019. Kami berharap acara ini dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, sehingga ke depannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia," katanya.

Grand Opening WICSF 2019 akan berlangsung di Pluit Village, pada 27 September 2019, yang bertepatan dengan perayaan pariwisata dunia. Ini menjadi awalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

123