Home Info Kemenhan Menhan Buka ASEAN Defence Ministers Meeting

Menhan Buka ASEAN Defence Ministers Meeting

Jakarta, Gatra.com - Menhan RI Ryamizard Ryacudu Membuka "ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Plus Experts Working Group on Peacekeeping Operations (EWG on PKO) dan ADMM Plus EWG on Humanitarian Mine Action (HMA) Field Training Exercise" yang melibatkan 18 Negara, di Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia (IPSC) Sentul-Bogor, Senin (16/9).

 

 

Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kolaborasi antara negara-negara peserta ADMM Plus dalam mempersiapkan operasi pemeliharaan perdamaian dan mengembangkan kemampuan untuk ditempatkan sebagai sangat penting dan strategis.

 

 

"Kehadiran personel perempuan dalam area misi mampu melaksanakan pendekatan-pendekatan persuasif kepada pihak-pihak maupun korban konflik, membantu mengurangi konflik dan konfrontasi, memperbaiki akses, dukungan dan memberikan role model bagi komunitas perempuan di daerah konflik, serta menciptakan rasa aman bagi populasi lokal terutama perempuan dan anak-anak korban konflik," papar Ryamizard.

 

 

Kehadiran personel perempuan dalam area misi, tambah dia, juga mampu menginspirasi komunitas perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya dan berpartisipasi dalam proses pembangunan perdamaian, di mana perempuan memegang peranan yang sangat vital bagi keberhasilan dan kelangsungan perdamaian.

 

 

"Ke depan, saya mengharapkan peningkatan partisipasi personel perempuan dalam latihan-latihan seperti ini. Hal tersebut juga sebagai perwujudan upaya kita dalam mendukung program Action for Peacekeeping (A4P) PBB, di mana salah satu komitmen prioritasnya adalah Women, Peace and Security," tuturnya.

 

 

Negara-negara yang mengikuti latihan militer bersama itu, antara lain, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Indonesia, Filipina, Australia, Laos, Rusia.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR