Home Ekonomi Pemerintah Terus Fasilitasi UMKM Bersaing di Mancanegara

Pemerintah Terus Fasilitasi UMKM Bersaing di Mancanegara

Jakarta, Gatra.com - Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendag RI), Luther Palimbong, mengatakan, pemerintah terus memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional.

"Pemerintah memberikan fasilitas berupa pelatihan kerja dan bantuan pemasaran baik melalui pasar online maupun pasar offline," ucap Luther dalam talkshow bertajuk "From Local Go Global" di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (7/10).

Selain itu, pemerintah juga memberikan pelatihan dari tenaga ahli yang dihadirkan ke rumah-rumah produksi UMKM. Pemerintah terus mendukung pengembangan UMKM dengan harapan, bisa menjadikannya sebagai tulang punggung perekonomian bangsa serta bisa mengekspor produk terbaik ke luar negeri dan menciptakan lapangan kerja baru.

Melihat kaum milenial dalam pengembangan UMKM, Luther menyampaikan bahwa kaum ini bisa meminimalisir biaya produksi, karena metode penjualannya menggunakan teknologi.

"Generasi milenial bisa memproduksi barang dengan lebih murah dan efisien karena menggunakan IT. Dan juga peluang pasar mereka lebih besar dibandingkan pasar konvensional saat ini," ucapnya.

Terakhir, Luther menyampaikan bahwa inovasi sangat penting. Warung atau pasar dan konsep pemasaran harus terus diinovasi agar bisa bersaing secara global.

Reporter: JJH

145