Home Ekonomi Fasilitasi UMKM di TEI 2019

Fasilitasi UMKM di TEI 2019

Jakarta, Gatra.com- Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mendorong dan memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya yang tampil dalam ajang perdagangan terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. Pihaknya juga menyediakan stan yang bernama Indonesia Mall agar lebih membuka akses pasar ke berbagai pelosok. UMKM Binaan BRI yang dipilih adalah Kilisuci Batik Craft, Fianoel Craft Decoupage Dan Kembang Tjelup Batik.

Indonesia Mall merupakan sebuah produk dari bank BRI yang terdiri dari berbagai macam UMKM Indonesia dan memulai aktifitasnya pada bulan Oktober tahun 2018. Indonesia Mall dibuat melalui kerja sama BRI dengan e-commerce dalam mendorong UMKM go online.

Selain itu UMKM Binaan BRI juga berhasil membuka pasar UMKM yang awalnya hanya terbatas di wilayah, kini menjadi lebih luas ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke pelosok. Produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce yang bekerja sama yaitu seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com dan Blibli.com.

Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyempatkan diri untuk berkeliling ke beberapa lokasi stan yang dimiliki perusahaan BUMN. Dirinya mendatangi hall khusus yang ditempati para peserta dari kelompok UMKM binaan perusahaan milik negara. Dalam kunjungannya tersebut Rini didampingi para petinggi perusahaan BUMN, termasuk Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

Melalui rilis yang diterima Gatra.com, tema “Moving Forward to Serve The World” yang diangkat Trade Expo Indonesia ke-34 sejalan dengan langkah strategis yang tengah dilakukan Indonesia Mall. Program pengembangan UMKM yang diadakan BRI ini telah memasuki tahap lanjutan. Setelah berhasil menyediakan akses produk UMKM binaan ke seluruh pelosok Nusantara melalui e-commerce Indonesia, BRI menggaet perusahaan tingkat regional, Qoo10 (perusahaan asal Singapura) untuk memasarkan karya UMKM Indonesia ke pasar mancanegara.

Acara ini dihadiri lebih dari 1.200 exhibitor yang akan menampilkan produk buatannya di pameran internasional yang digelar di 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Selain pameran dagang, TEI 2019 juga menggelar berbagai kegiatan pendukung seperti Trade, Tourism, and Investment (TTI) Forum, pertemuan bisnis, klinik bisnis, diskusi regional misi dagang mancanegara dan lokal, kompetisi usaha perintis berorientasi ekspor dan gelar wicara.

232