Home Ekonomi Produksi Bahan Peledak, BUMN Ini Gencar Lakukan Ekspor

Produksi Bahan Peledak, BUMN Ini Gencar Lakukan Ekspor

Jakarta, Gatra.com - Direktur Utama PT Dahana (Persero), Budi Antono mengatakan, pihaknya terus mendorong ekspansi bisnisnya dengan melakukan ekspor bahan peledak ke luar negeri. Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara pada kegiatan "Ngopi BUMN" di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/11). 

Dia mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya tersebut telah sukses mengekspor 37.500 Kg bahan peledak berjenis Cartridge Emulsion pada Maret lalu. Setelah itu, lanjut Budi, PT Dahana melakukan pengiriman keduanya pada tahun ini dengan mengirim 86.000 Kg atau setara delapan kontainer Cartridge Emulsion ke Johnex Explosives, Australia. 

Menurutnya, pengiriman ekspor bahan peledak keluar negeri dapat meningkatkan devisa negara sekaligus menjaga keseimbangan neraca antar negara. Dia menilai, shipment kedua ini adalah bukti dan wujud kepercayaan konsumen kepada Dahana karena pembelian yang dilakukan pihak Australia semakin meningkat. 

"Bukti bahwa produk bahan peledak Dahana diakui kualitasnya oleh pengguna bahan peledak di Australia dan juga menunjukan bahwa Dahana memiliki standar produk dan standar packaging yang memenuhi standar internasional untuk barang ekspor," ujarnya.

Budi melanjutkan, pihaknya juga akan melebarkan sayap bisnisnya di kawasan Asia Pasifik. Rencananya, perseroan juga akan melakukan ekspor ke negara lain, seperti Timor-Leste, Fiji dan Jepang. 

"Selain ke Australia, kami ekspor juga ke Timor Leste untuk mendukung proyek pelabuhan Tibar Bay Port di Dili. Dan beberapa waktu ke depan kami sedang mempersiapkan ekspor ke Fiji dan Jepang," pungkas Budi Antono.
 

77