Home Internasional Senator AS Tahan Sanksi Turki atas Pembelian Rudal S-400

Senator AS Tahan Sanksi Turki atas Pembelian Rudal S-400

Washington D.C, Gatra.com - Senator dari Komite Hubungan Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Jim Risch mengatakan tak ingin parlemen mengesahkan undang-undang penetapan sanksi yang ditujukan pada Turki. Dia menilai sanksi tersebut akan semakin meningkatkan perselisihan antara kedua negara.

"Mungkin yang terbaik adalah kita tidak mengesahkan RUU sanksi saat ini," kata Risch seperti dikutip Reuters, Jumat (15/11).

Risch menilai penetapan sanksi dalam waktu dekat hanya akan memperbesar gesekan antara Turki dan AS. Selain itu hubungan bilateral Ankara dengan Rusia juga mungkin akan memburuk jika pembelian rudal itu dibatalkan.

“Amerika Serikat tidak ingin merusak hubungan itu, tetapi penjualan senjata tidak dapat dilanjutkan,” kata Risch.

Seperti diketahui, AS mengecam Turki karena membeli sistem pertahanan rudal dari Rusia. AS akan menjatuhkan sanksi jika Turki tidak segera membatalkan pembelian rudal itu.

Pada hari Rabu (13/11), Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Tayyip Erdogan mengadakan pertemuan yang  membahas pembelian sistem rudal S-400 Rusia oleh Ankara. Trump meminta Erdogan membatalkan pembelian senjata tersebut.

Namun, Erdogan menyebut batalnya pembelian rudal dapat berpengaruh pada hubungan negaranya dengan Rusia. Dia tak ingin mengambil resiko tersebut.

187

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR