Home Internasional Shinzo Abe Dinobatkan Sebagai PM Jepang Terlama

Shinzo Abe Dinobatkan Sebagai PM Jepang Terlama

Tokyo, Gatra.com - Shinzo Abe dinobatkan sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang yang menjabat paling lama. Abe telah menjabat selama 2.887 hari dalam dua periode kepemimpinannya.

Pada tahun 2006, Abe menjalani masa jabatan di periode pertamanya hanya satu tahun dan mengundurkan diri di tahun 2007. Lima tahun kemudian, Abe kembali menjabat sebagai PM Jepang dengan menjanjikan militer yang lebih kuat dan stabilitas ekonomi.

Abe telah melampaui rekor PM Taro Katsura yang menjabat di era tahun 1900-an. Tak hanya itu, Abe juga telah membangun hubungan diplomasi yang baik dengan Amerika Serikat (AS).

"Tidak ada pemimpin dunia lain yang begitu akrab dengan Trump," kata seorang anggota parlemen oposisi, Akihisa Nagashima, seperti dikutip Reuters, Selasa (19/11).

Meski, Abe mendapat kecaman atas tuduhan bahwa dia mengundang para pendukungnya pesta menonton bunga sakura dengan biaya yang didanai negara. Abe dituding melanggar hukum kampanye dengan mensubsidi kehadiran pendukung di resepsi pada malam sebelumnya.

Namun, Abe membantah tuduhan tersebut, tetapi jajak pendapat menunjukan bahwa 68% warga tidak yakin dengan penjelasannya.

Kekhawatiran ekonomi menuju resesi juga mengancam masa depan Abe. Para pengamat mengatakan panah reformasi struktural Abe tidak pernah meluncur.
 

 

93

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR