Home DPD RI News Wisata Kesehatan Berpeluang Dikembangkan di Bali

Wisata Kesehatan Berpeluang Dikembangkan di Bali

Denpasar, Gatra.com- Perjalanan wisata kesehatan di Indonesia merupakan salah satu langkah meningkatkan destinasi pariwisata kesehatan dunia. Hal ini diucapkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati pada Selasa,(3/12) di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Bali.

Ia menyetujui pengembangan wisata kesehatan di Bali karena daerah tersebut menjadi tujuan wisatawan mancanegara. "Sangat setuju sekali,memang dari dulu sebelum saya menjadi Wagub, telah melakukan pemetaan ke beberapa negara di dunia. Memang untuk jenis penyakit tertentu, saya kira sangat cocok dikembangkan di Bali," tuturnya.

Misalnya mengenai pengobatan sakit gigi. Salah satu upayanya, memenuhi kebutuhan wisatawan Australia agar berobat di Bali. "Saya kira sudah menyambung, tinggal bagaimana mengidentifikasikan sakitnya saja. Sakit apa saja yang memungkinkan pengobatanya bisa dikembangkan di Bali," ucapnya.

Jadi, Bali memiliki potensi luar biasa yang bisa dikembangkan. "Sebenarnya kita telah jalan, misal dokter gigi telah jalan dari dulu. Saya telah melempar terkait dengan hal tersebut, kepada asosiasi dokter gigi, guna menyambut keinginan teman di Australia tersebut," ujarnya. 

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersinergi dengan Kementerian Kesehatan untuk menerapkan konsep pariwisata kesehatan. Rencana ini sebenarnya telah dibahas sejak 2017. Dukungan dari Pemprov Bali tentunya akan mempercepat realisasi wisata kesehatan di Indonesia, khususnya di Denpasar dan sekitarnya. 

181