Home Teknologi Cara Baru Astronom Melacak Kehidupan di Planet Lain

Cara Baru Astronom Melacak Kehidupan di Planet Lain

Jakarta, Gatra.com -- Seorang peneliti senior Universitas Cornell telah menemukan cara untuk membedakan kehidupan di planet ekstrasurya yang berkeliaran di lingkungan kosmik lainnya dengan panduan medan spektral. Zifan Lin telah mengembangkan model spektral resolusi tinggi dan skenario untuk dua planet di luar tata surya, yang diduga dapat melindungi kehidupan: Proxima b, di zona layak huni tetangga terdekat Matahari, Proxima Centauri; dan Trappist-1e, satu dari tiga kemungkinan calon planet ekstrasurya yang mirip Bumi dalam sistem Trappist-1.

Makalah yang ditulis bersama dengan Lisa Kaltenegger, associate professor astronomi dan direktur Cornell's Carl Sagan Institute, diterbitkan dalam bulanan Royal Astronomical Society. "Untuk menyelidiki apakah ada tanda-tanda kehidupan di planet lain, sangat penting untuk memahami tanda-tanda kehidupan yang terlihat dalam sidik jari cahaya sebuah planet," kata Lin pada spacedaily.com, 5/12.

"Kehidupan di planet ekstrasurya dapat menghasilkan kombinasi karakteristik dari molekul-molekul di atmosfernya - dan itu menjadi tanda-tanda nyata dalam spektrum planet-planet semacam itu. Dalam waktu dekat kita akan melihat atmosfer dunia ini dengan teleskop baru berbasis darat yang canggih, yang akan memungkinkan kita untuk menjelajahi iklim planet ekstrasurya dan mungkin melihat biotanya," katanya.

Dalam pencarian planet yang layak huni, bintang-bintang "Kerdil Merah" menarik perhatian para astronom, karena alam semesta lokal penuh dengan matahari jenis ini, yang membentuk 75% dari kosmos terdekat, menurut Lin.

Sepanjang Bimasakti, galaksi rumah kita, para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 eksoplanet, beberapa berada di zona layak huni matahari mereka sendiri - sebuah area yang menyediakan kondisi yang cocok untuk kehidupan.

Untuk menjelajahi atmosfer tempat-tempat ini, para ilmuwan membutuhkan teleskop besar generasi mendatang, seperti Extremely Large Telescope (ELT), yang saat ini sedang dibangun di Gurun Atacama Chile utara dan diharapkan akan beroperasi pada 2025. Ilmuwan dapat mengarahkan lensa mata raksasa. - dengan cermin utama yang sempurna sekitar setengah ukuran lapangan sepakbola - ke Proxima b dan Trappist-1e. Teleskop masa depan akan memiliki lebih dari 250 kali kekuatan pengumpul cahaya dari Hubble Space Telescope.

Lin dan Kaltenegger mengatakan, spektrograf resolusi tinggi dari ELT dapat membedakan air, metana, dan oksigen untuk Proxima b dan Trappist-1e. "Zifan telah menghasilkan basis data sidik jari cahaya untuk dunia-dunia ini, sebuah panduan untuk memungkinkan para pengamat belajar bagaimana menemukan tanda-tanda kehidupan, jika mereka ada di sana," kata Kaltenegger.

3022