Home Internasional Babak Baru AS-Cina Sepakati Pembelian Besar-besaran

Babak Baru AS-Cina Sepakati Pembelian Besar-besaran

Washinton, D.C, Gatra.com – Perang perdagangan AS-Cina akan memasuki babak baru yang lebih tenang pada hari Rabu ketika Presiden AS Donald Trump dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He menandatangani kesepakatan perdagangan awal, yang bertujuan untuk meningkatkan pembelian produk-produk manufaktur AS dari Tiongkok, barang pertanian, energi dan jasa.

Perjanjian babak awal pasca 18 bulan konflik tarif antara dua ekonomi terbesar di dunia yang telah mencapai ratusan miliar dolar dalam bentuk barang, mengguncang pasar keuangan, mencabut rantai pasokan dan memperlambat pertumbuhan global.

Trump dan Liu dijadwalkan menandatangani dokumen setebal 86 halaman, di acara Gedung Putih sebelum 200 tamu lebih memenuhi undangan dari kalangan bisnis, pemerintah dan diplomatik.

Proses penterjemahan teks ‘dokumen kesepakatan” ke bahasa China akan selesai pada Selasa sore, saat Liu bertemu dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer.

Sebelumnya, Trump mulai menggembar-gemborkan kesepakatan dagang itu sebagai pusat dari kampanye pemilihan ulang tahun ke 2020-nya dan menyebutnya sebagai "monster besar yang cantik" pada rapat umum di Toledo, Ohio, pekan lalu.

"Petani kami akan menerimanya. Saya terus berkata, 'Pergi beli traktor yang lebih besar, beli traktor yang lebih besar,'" ujar Trump.

Inti dari kesepakatan ini adalah janji dari China untuk membeli barang-barang AS senilai $ 200 miliar selama dua tahun untuk memotong defisit perdagangan AS bilateral yang mencapai $420 miliar pada tahun 2018.

Sebuah sumber menjelaskan mengenai perjanjian itu kepada Reuters bahwa China akan membeli barang-barang manufaktur AS senilai $ 80 miliar, tambahan selama periode dua tahun, termasuk pesawat terbang, mobil dan suku cadang mobil, mesin pertanian, dan peralatan medis.

Beijing juga akan meningkatkan pembelian energi sekitar $50 miliar dan jasa sebesar $35 miliar, sementara pembelian pertanian akan menerima $32 miliar selama dua tahun. Kesemuanya dibandingkan dengan baseline 2017 ekspor AS ke Cina.

Ketika dikombinasikan dengan $24 miliar pada ekspor pertanian 2017, peningkatan tahunan $16 miliar mendekati keinginan Trump dari $ 40 miliar menjadi $ 50 miliar dalam penjualan pertanian tahunan ke Cina.

Meskipun kesepakatan itu bisa menjadi dorongan besar bagi para petani, pihak pembuat pesawat seperti Boeing, pembuat mobil AS dan produsen alat berat. Namun sejumlah analis mempertanyakan kemampuan Cina untuk mengalihkan impor dari mitra dagang lainnya ke Amerika Serikat.

“Saya menemukan perubahan radikal dalam pengeluaran Tiongkok tidak mungkin. Saya memiliki harapan yang rendah untuk memenuhi tujuan yang dinyatakan,” kata Jim Paulsen, kepala strategi investasi di Leuthold Group di Minneapolis. 

"Tapi saya pikir seluruh negosiasi telah menggerakkan kesepakatan babak baru pembelian untuk AS dan China."

717

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR