Home Ekonomi KIARA: Banyak Lahan Tambak Kosong untuk Budi Daya Perikanan

KIARA: Banyak Lahan Tambak Kosong untuk Budi Daya Perikanan

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Herawati mengatakan bahwa masih banyak lahan tambak yang bisa digunakan atau mendorong budi daya perikanan, tapi kemudian tidak digunakan.
 
Susan Herawati merespon pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang berencana akan melakukan ekstensifikasi budi daya udang di Indonesia sebagai program kementerian yang dipimpinnya.
 
"Kecenderungan pemerintah justru ekstensifikasi, bukan melihat potensi yang sudah ada," ujar Susan saat dihubungi Gatra.com, Senin (10/2).
 
Ekspansi lahan tambak besar-besaran bisa berimplikasi membabat hutan mangrove. Budidaya perikanan, kata Susan, bukan berarti tanpa dampak. "Itu yang agak rentan. Negara harus mengidentifikasi tambak-tambak mana saja yang belum digunakan secara baik. Bukan hanya sekedar buka lahan," tambahnya.
 
Negara, kata Susan, tidak melihat bahwa budi daya ini seharusnya tidak lagi berkutat pada soal perluasan wilayah budidaya, tapi bagaimana mendorong, memanfaatkan, dan menyejahterakan para petambak, kemudian juga menggunakan lahan-lahan yang tambak yang sudah tersedia.
303