Home Kebencanaan Cegah Air Luber ke Jalan, Pemkot Surabaya Siapkan Alat Berat

Cegah Air Luber ke Jalan, Pemkot Surabaya Siapkan Alat Berat

Surabaya, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pengerukan dan pembersihan jalan, Selasa (11/2). Kegiatan itu dilakukan di Jalan Raya Ngagel sisi selatan.

 

Menurut pantauan Gatra.com, aktivitasnya sudah terlihat sejak pukul 16.30 WIB. Sebanyak empat truk pasir, empat mobil pemadam kebakaran dan tiga alat berat sudah tampak berjajar di pinggir jalan.

 

Para petugas kebersihan dan pemadam kebakaran terlihat menyemprot bahu jalan. Sementara, belasan puluhan anggota Satpol PP, BPD Linmas, dan anggota Dinas perhubungan Surabaya yang berupaya mengatur lalu lintas.

 

Para petugas tersebut tidak sendirian. Seperti biasa, Wali Kota Tri Rismaharini turut meninjau dan mengarahkan langsung para pekerja yang sedang mengeruk dan menyemprot jalan.

 

"Yang di sini dibersihkan," kata Risma di Jalan Raya Ngagel sambil mengarahkan salah seorang petugas yang sedang menyemprot bahu jalan sisi selatan.

 

Kepala Dinas PU Binamarga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati mengatakan, kegiatan itu dilakukan setelah dirinya mendapati ada sejumlah jembatan yang rawan ambrol. Bahayanya, dapat membuat air meluber ke badan jalan.

 

"Takutnya, (jembatannya) ambrol ke sini (masuk ke sungai kecil). Sehingga airnya meluap," kata Erna.

 

Meski demikian, Erna menegaskan jika kegiatan itu sebenarnya rutin dilakukan. Dirinya menyatakan memiliki sejumlah kendaraan dan sebanyak 74 alat berat yang dimanfaatkan untuk pembersihan jalan dan pengerukan sungai-sungai di seluruh wilayah Surabaya.

 

"Tiap hari ya onok ae (tiap hari ada saja kegiatannya). kami punya 74 alat berat," tegasnya.

353