Home Milenial Menikmati Durian Monti, Durian Khas Gunungpati

Menikmati Durian Monti, Durian Khas Gunungpati

Semarang,Gatra.com - Berkunjung ke Kota Semarang saat musim durian tak lengkap rasanya jika melewatkan kunjungan ke Agrowisata Sentra Kebun Durian Montong Gunungpati (Monti).

Sesuai dengan namanya, kebun durian ini menyajikan durian silangan asal Thailand, Montong dengan durian lokal asal Gunungpati.

Silangan ini akhirnya  menghasilkan durian dengan berat 5 hingga 7 kilogram dengan rasa manis, bertekstur legit, bewarna kuning, dan tidak lembek.

Ketua Asosiasi Petani Konservasi Kota Semarang, Tumidiarso mengatakan, hingga saat ini ratusan pohon durian Monti berhasil di budidayakan di lahan seluas belasan hektar ini.

"Ada sekitar 400 pohon Durian Monti yang ditanam disini. Tapi ada beberapa pohon kelengkeng, dan jambu air," ujarnya saat ditemui Gatra.com, Minggu (16/2).

Ia menyebutkan, durian ini bisa dinikmati sejak bulan Oktober hingga Maret. Namun pengunjung disarankan untuk memesan durian ini terlebih dahulu sebab tidak setiap hari ada durian Monti yang siap di konsumsi.

"Lebih baik pesan dulu, karena durian yang baru kita petik dari kebun harus didiamkan kurang lebih 4 hari setelah itu. Proses itu untuk memaksimalkan rasa yang ada dalam durian itu sendiri," ujarnya.

Untuk rasa dan kualitas, katanya, pengunjung tidak perlu meragukannya sebab jika dibandingkan dengan durian impor, durian lokal juga tak kalah nikmat.

"Sebenarnya durian lokal punya potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan karena rasanya jauh lebih enak jika dibandingkan durian impor. Karena ada rantai distribusi yang panjang dan membuat  durian impor dipetik jauh sebelum masanya sehingga mempengaruhi rasa dan kualitasnya," paparnya.

Bahkan, lanjutnya, durian Monti ini juga menjadi salah satu favorit beberapa tokoh Nasional seperti, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden  Ali Mochtar Ngabalin.

"Kalau beliau ke Semarang pasti mampir kesini. Kemarin durian ini juga sempat dinikmati oleh Mas Gibran Rakabuming, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi," ujarnya bangga.

Sementara, salah satu penikmat duren asal Ungaran Septi Devi Gempita mengaku telah berkali kali mendatangi tempat ini untuk menikmati Durian Monti favoritnya.

"Sudah tiga kali kesini. Tidak pernah mengecewakan karena ada sistem garansi. Duriannya enak, manis, kuning legit tidak kalah dengan durian impor," akunya.

Jika anda tertarik, anda bisa berkunjung ke Kebun Durian Monti di Jalam Sukarame RT.05/RW.02, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

7820

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR