Home Ekonomi BI Koreksi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 5,4%

BI Koreksi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 5,4%

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) melakukan koreksi terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020, yakni berada di level 5,0 persen hingga 5,4 persen. Angka itu turun dari proyeksi pertumbuhan sebelumnya, yaitu sebesar 5,1 persen hingga 5,5 persen.

Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi itu, kata Gubernur BI, Perry Warjiyo, dilakukan karena adanya virus corona yang saat ini tengah mewabah hampir di seluruh dunia.

"Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2020 akan lebih rendah, yaitu menjadi 5,0-5,4 persen, dari prakiraan semula 5,1-5,5 persen," kata Perry, usai Rapat Dewan Gubernur BI, di Jakarta, Kamis (20/2).

Perry menjelaskan, revisi proyeksi ini dilakukan karena adanya pengaruh jangka pendek dari tertahannya prospek pemulihan ekonomi dunia, imbas penyebaran virus corona. Karena penyebaran virus itulah, yang kemudian memukul sektor pariwisata, perdagangan dan investasi dalam negeri.

Untuk mengurangi dampak virus corona, lanjut Perry, ke depannya BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait lainnya. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih besar lagi.

"Termasuk mendorong investasi, melalui proyek infrastruktur dan implementasi RUU Cipta Kerja dan Perpajakan," kata Perry.

Bank Indonesia memutuskan untuk melakukan pemangkasan suku bunga acuan atau BI 7-Days Repo Rate, sebesar 25 basis poin (bps), dari yang sebelumnya berada di level 5 persen, menjadi 4,75 persen, hari ini.

100