Home Olahraga Persipura Pilih Stadion Klabat jadi Homebase

Persipura Pilih Stadion Klabat jadi Homebase

Manado, Gatra.com — Klub papan atas Liga Indonesia, Persipura Jayapura, menetapkan Stadion Klabat di Manado Sulawesi Utara (Sulut) sebagai homebase mereka untuk mengarungi putaran liga sepanjang 2020. Artinya, saat pertandingan perdana tahun ini, Persipura akan langsung memainkan laganya di stadion kebanggaan warga Kawanua.

“Ya alasan Persipura menjajaki Stadion Klabat Manado karena selain letak geografis yang dekat dengan Papua, juga ada semangat sesama Indonesia Timur. Lalu kesamaan Papua dan Sulut sebagai sesama Indonesia Timur,” ujar Sekretaris Umum (Sekum) Persipura Jayapura, Rocky Bebena, baru-baru ini di Manado.

Rocky mengatakan, alasan lain mengapa Persipura pindah ke Manado, karena saat ini stadion kebanggaan mereka Mandala Jayapura tengah direnovasi untuk persiapan PON yang akan berlangsung di Papua.

PT Liga Indonesia Baru telah mengutus salah satu staf bernama Somad untuk melakukan pengecekan kesiapan Stadion Klabat sebagai tuan rumah Liga I pekan lalu. Respons selanjutnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Cucu Soemantri, telah mengirim surat pemberitahuan kepada manajemen Persipura.

“PT LIB menyampaikan penetapan venue pertandingan Liga 1 2020 antara Persipura Jayapura vs PSIS Semarang pada 1 Maret 2020 dilaksanakan di Stadion Klabat Manado pada pukul 15.30 WITA,” ujar Eveerth Joumilena, Media Officer Persipura Jayapura.

Sebagai informasi bahwa berdasarkan hasil verifikasi infrastruktur Stadion Klabat Manado, maka LIB menyatakan layak dengan catatan untuk digunakan dalam pelaksanaan kompetisi Liga 1 2020.

“Demikian yang dapat disampaikan sebagai informasi kepada media dan kiranya hal–hal ini dapat memperjelas bahwa manajemen Persipura tetap berupaya memberikan kepastian tempat bagi Persipura dan masyarakat pencinta Persipura untuk bisa menyaksikan di lapangan yang layak digunakan nantinya. Dan kami siap menjamu PSIS Semarang,” katanya.

Selain Persipura Jayapura, Stadion Klabat Manado juga menjadi markas Sulut United yang berlaga di Liga 2. Artinya, kini Manado dan Sulawesi Utara memiliki 2 tim yang akan melangsungkan berbagai pertandingan reguler di Klabat.

429