Home Kesehatan Diduga Corona, Kondisi WNA Asal India Membaik

Diduga Corona, Kondisi WNA Asal India Membaik

Mataram, Gatra.com - Seorang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan India diduga terinfeksi virus corona yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB berangsur-angsur kondisinya membaik. Meski demikian, WNA tersebut masih terus menjalani perawatan dan observasi di ruang isolasi sesuai SOP. 

Untuk diketahui, pasien asal India tersebut dirujuk dari RSUD dr Soedjono, Selong Lombok Timur, Senin, (2/3) karena mengalami gejala mirip corona seperti, demam, batuk dan pilek. Dia kemudian dirujuk ke ruang RSUD NTB.

Pasien berinisial N (35) diketahui, terbang dari negara asalnya pada 16 Februari 2020. Kemudian dia transit di Malaysia dan terbang ke Jakarta. Dia menginap di Jakarta selama satu Minggu di Hotel Laut Indah, dan terbang ke Lombok pada 23 Februari 2020.

Di Lombok, pasien tersebut hanya berjalan-jalan di wilayah Selong dan Pancor Lombok Timur. Namun pada 26 Februari pasien mengalami gejala panas. Kemudian berlanjut pada gejala batuk dan lemas.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DisKominfotik) NTB, I Putu Gede Aryadi menyatakan, setelah dilakukan pemeriksaan dan observasi yang dilakukan tim medis sejak Senin lalu, kini kondisi suhu tubuh pasien sudah mulai normal. Suhu tubuhnya sudah menurun, sehingga menurut diagnosis sementara, cenderung bukan Corona. 

Sampel pasien saat ini juga telah dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta. Sampel akan diuji hingga tiga hari ke depan."Untuk hasilnya seperti apa, kewenangan ada di Balitbangkes," imbuhnya. 

96