Home Ekonomi Gelombang Pertama, 6.507 Warga Siak Teraftar Kartu Prakerja

Gelombang Pertama, 6.507 Warga Siak Teraftar Kartu Prakerja

Siak, Gatra.com - Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Siak, Amin Budiyadi menyebut sebanyak 6.507 ribu warga sudah mendaftar program kartu prakerja gelombang pertama . Angka pendaftar itu sesuai dengan jumlah kuota yang ditetapkan oleh Pemprov Riau.
 
"Daftarnya secara dering (online). Angka tadi sama seperti yang diusulkan ke Pemprov Riau," kata Amin menjawab Gatra.com, Selasa (21/4).
 
Amin menjelaskan, masyarakat yang bisa mendapat dan mendaftar kartu prakerja memiliki kriteria, yakni mantan TKI, pelaku UMKM serta karyawan yang di PHK atau yang dirumahkan akibat wabah COVID-19.
 
Gelombang pertama ini, total kuota yang disiapkan Provinsi Riau sebanyak 92.893 ribu dan gelombang kedua 69.727 ribu.
 
"Pendaftaran gelombang kedua dibuka pada 20-23 April," kata dia.
 
Ia menjelaskan, setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3,5 juta, terdiri dari bantuan biaya pelatihan Rp1 juta dan insentif pasca penuntasan pelatihan pertama Rp600 per bulan selama tiga bulan serta Rp150 ribu setelah menyelesaikan pelatihan untuk survey kebekerjaan.
 
"Yang dapat kartu pada gelombang pertama akan segera mendapat manfaatnya. Dan intensif tadi akan ditransfer melalui rekening bank yang diajukan atau e-wallet LinkAja, Ovo dan GoPay milik penerima," pungkasnya. 
153