Home Kebencanaan Waspada Gelombang Kedua Corona, Ini 3 Arahan Terbaru Jokowi

Waspada Gelombang Kedua Corona, Ini 3 Arahan Terbaru Jokowi

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo memberi tiga arahan kepada Kementerian dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi.

Dalam rapat terbatas yang digelar secara telekonferensi, arahan pertama yang disampaikan Jokowi adalah pengendalian arus balik. Tujuannya, supaya tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus corona terutama wilayah Jabodetabek.

“Karena saya melihat, data terakhir tadi pagi, tren untuk R0 maupun Rt dari DKI Jakarta sudah di bawah 1 sehingga ini perlu terus kita tekan agar lebih menurun lagi,” katanya, Rabu (27/5).

Kedua, Jokowi meminta Gugus Tugas dan kementerian juga fokus kepada wilayah dengan kasus baru yang cukup tinggi. Ia meminta agar Provinsi Jawa Timur diberikan dukungan seperti kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat.

“Termasuk juga provinsi yang lain di luar Jawa yang penambahannya masih cukup tinggi yaitu di Sulawesi Selatan, di Kalimantan Selatan, di Sumatera Selatan, di Papua, di NTB,” ujarnya.

Arahan ketiga, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar pengujian spesimen dapat mencapai target, yaitu 10.000 per hari. 
“Agar ini dikejar sehingga betul-betul ada sebuah kecepatan,” katanya.

103

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR