Home Kebencanaan Dari Malaysia Naik Heli, 6 WNA Ukraina Positif Covid-19

Dari Malaysia Naik Heli, 6 WNA Ukraina Positif Covid-19

Tanjungpinang, Gatra.com - Enam dari 10 warga negara asing (WNA) asal Ukraina dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid-19), Rabu (5/8). 

WNA ini merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang akan bekerja di Indonesia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan oleh pihak Bandara RHF Tanjungpinang, Kepri.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiyana mengatakan, 10 orang WNA Ukraina tiba di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang, dengan menggunakan helikopter carter, pada Senin lalu (3/8).

"Mereka ada 10 orang WNA termasuk kru helikopter, enam orang ternyata dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab," katanya.

Tjetjep menjelaskan, WNA Ukraina tersebut terbang dari Malaysia dengan tujuan Banjarmasin, Kalimatan Selatan, kemudian mendarat di Tanjungpinang untuk istirahat dan pengisian bahan bakar helikopter.

"Dari Malaysia itu kan jauh perjalanannya, kalau helikopter itu kan lama, jadi mereka singgah untuk istirahat dan isi bahan bakar," jelasnya.

Tjetjep menyebutkan, saat ini ada sebabyak 10 orang WNA Ukraina akan dikarantina di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kilometer 16 Bintan, Kepri, untuk penanganan medis.

Pihaknya, kata Tjetjep, akan kembali melakukan pemeriksaan swab berkala kepada empat warga Ukraina yang sebelumnya dinyatakan negatif.

"Hari ini akan kita ambil sampel swab, beberapa hari kedepan akan diketahui hasil Swap lanjutan mereka," ujarnya.

153

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR