Home Milenial PKN 2020 Usung Tema Penguatan Kebudayaan Hadapi Pandemi

PKN 2020 Usung Tema Penguatan Kebudayaan Hadapi Pandemi

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada tanggal 31 Oktober hingga 30 November 2020 mendatang. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, PKN 2020 kali ini akan dihelat secara daring.

Penyelenggaraan secara daring menjadi opsi yang diambil, mengingat masih adanya pandemi Covid-19. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan tema pada penyelenggaraan PKN 2020 ini pun akan berfokus pada topik “Ruang bersama, untuk Indonesia Bahagia”.

“Dalam konteks kita menghadapi pandemi, maka tema tersebut akan dispesifikkan dengan bagaimana masalah pandemi  yang kita hadapi dalam kebudayaan ini. Dalam penyelenggaraan ini, kita temukan bahwa kebudayaan ini dapat menjadi pijakan dasar kita dalam menghadapai pandemi,” kata Hilmar dalam Taklimat Media Peluncuran PKN 2020 secara daring, Jumat (23/10).

Hilmar juga menuturkan, berdamai dengan corona, secara budaya perlu dimaknai sebagai upaya memperkuat tubuh manusia sesuai tradisi, dengan tetap menggerakkan ekonomi. Mereka yang terdampak secara ekonomi perlu kembali diberdayakan melalui jejaring digital, sehingga tidak ada lagi kekosongan pasokan pangan di kota-kota besar. 

“Istilah penguatan tubuh dalam perspektif kebudayaan atau Cultural Resilience yang kita angkat ini, intinya adalah untuk pengetahuan tradisional termasuk kesenian dan ekspresi budaya lain masih menjadi basis kita untuk menghadapi pandemi,” tutur Hilmar

“Karena didalam Kebudayaam kita yang begitu kaya, kita akan menemukan begitu banyak elemen, yang bisa membantu untuk memperkuat diri, baik penguatan dalam tubuh kita sendiri, ataupun alam tubuh masyarakat secara lebih luas,” tambahnya.

PKN 2020 juga akan menjadi sebuah perhelatan kebudayaan tradisi melalui daring yang terbesar di dunia. Melibatkan 4.791 seniman dan pekerja seni, 27 tema konferensi, 93 pergelaran, 1.477 lukisan dipamerkan secara virtual dalam 5 ketegori pameran.

PKN 2020 terbagi dalam 4 program utama yakni Kompetisi, Konferensi, Pameran, dan Pergelaran, yang mana semua kegiatan akan bisa diakses melalui Website Resmi Pekan Kesenian Nasional 2020.

“Saya kira PKN tetap akan ditujukan sebagai ruang interaksi bagi para seniman, pekerja budaya, dan masyarakat, untuk melihat secara langsung capaian-capaian kita di berbagai bidang kebudayaan,” katanya.

240

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR