Home Politik Lintas Organisasi Dapat Wejangan Komisioner Bawaslu

Lintas Organisasi Dapat Wejangan Komisioner Bawaslu

Batanghari, Gatra.com - Lintas organisasi dalam wilayah Kabupaten Batanghari, Jambi dapat wejangan Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) jelang pemilihan 9 Desember 2020.

Kegiatan berlangsung H-2 guna memperkuat pengawasan Bawaslu dengan pemateri Ketua KOPIPEDE (Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi) Provinsi Jambi, M. Farisi. Lintas organisasi yang dapat wejangan diantaranya organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat.

"Pengawasan adalah tugas bersama. Bawaslu Batanghari hadir tidak berarti kemudian mengambil hak masyarakat untuk mengawasi proses pelaksanaan pemilihan," kata Ketua Bawaslu Batanghari Indra Tritusian dalam sambutan.

Indra berujar tugas Bawaslu adalah mengawasi setiap tahapan Pilkada 2020 yang terus melibatkan partisipasi masyarakat. Tugas tak kalah penting Bawaslu adalah mensukseskan Pilkada, bukan menjadi provokatif.

"Laporkan ke Bawaslu, kami siap untuk melakukan tindakan yang di anggap ilegal," ucapnya.

Undang-undang telah memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengawasi proses pelaksanaan pemilihan. Tujuannya agar pemilihan bisa berjalan baik dan berintegritas. Ia berkata terus menggandeng tokoh-tokoh masyarakat perihal pengawasan partisipatif.

"Kita tidak mungkin bisa menyentuh masyarakat secara keseluruhan. Makanya hari ini Bawaslu mengundang perwakilan elemen masyarakat dengan harapan inti kegiatan bisa disampaikan ke masyarakat luas," katanya.

248

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR