Home Politik Ketua dan Komisioner KPU Pantau Langsung Pilkada di Tangsel

Ketua dan Komisioner KPU Pantau Langsung Pilkada di Tangsel

Jakarta, Gatra.com - Pilkada Serentak 2020 tengah dilaksanakan hari ini, yang tersebar di 270 daerah pemilihan. Di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12), para petinggi Komisi Pemilihan Umum (KPU) turut melakukan pengawasan pemungutan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

Pengawasan tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Arief Budiman beserta jajaran komisionernya. "Saya ke tiga TPS, jadi ada beberapa TPS yang berdekatan, karena berdekatan maka kami lakukan pemantauan," kata Arief pada konferensi pers KPU melalui siaran YouTube.

Selain Arief, tiga komisioner KPU memantau di tempat yang berbeda. Viryan Azis di dua TPS, Pramono Ubadi Tanthowi di dua TPS, dan Ilham Saputra di dua TPS.

Arief mengatakan, berdasarkan hasil pemantauannya di tiga TPS tersebut, proses pemungutan suara berlangsung lancar dan aman. Selain petugas yang ber-APD lengkap, pemilih yang datang, kata Arief, juga turut mematuhi protokol kesehatan pada jam kedatangan ke TPS.

"Kebetulan juga di TPS yang kami datangi tadi tidak teridentifikasi ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat," sambungnya.

Sementara itu, di TPS tempat para komisioner KPU memantau, proses pemungutan suara juga berjalan dengan baik. Sama seperti Arief, hal yang paling utama adalah terkait penerapan protokol kesehatan serta jam kedatangan ke TPS.

Ketiganya mengungkapkan bahwa hasil pemantauan menunjukkan bahwa segalanya berjalan dengan baik. Masyarakat yang berpartisipasi mematuhi protokol kesehatan yang dilakukan para petugas penyelenggara dengan ketat.

Seperti diketahui, Pilkada 2020 berbeda dengan gelaran pesta demokrasi pada sebelum-sebelumnya. Kali ini, gelaran pemilu dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Dinamika tentang dilaksanakan atau tidaknya Pilkada terus terjadi sepanjang tahun.

Pada akhirnya, Pilkada tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, penggunaan APD yang lengkap bagi petugas di lapangan, perluasan TPS, dan berbagai perubahan regulasi yang dilakukan KPU.

72

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR