Home Ekonomi Gelar Musrenbang, Lurah Fokus Pemulihan Ekonomi

Gelar Musrenbang, Lurah Fokus Pemulihan Ekonomi

Solok,Gatra.com-  Gelar musyawarah rencana pembangunan (MUSRENBANG) di Aula Kantor Lurah Sinapa Piliang, pihak Lurah dituntut fokus pada percepatan pemulihan ekonomi ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda. 
 
Musrenbang kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan di lingkungan kelurahan yang dilaksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan diantara masyarakat di setiap daerah yang akan diadakan pembangunan. 
 
Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dalam proses pembangunan yang akan dilaksanakan tentang bagaimana yang seharusnya dilakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus dilakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan dilaksanakan. 
 
Dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan (MUSRENBANG) di Aula Kantor Lurah Sinapa Piliang, Rabu  (27/1).  Lurah Sinapa Piliang Isnawati menyampaikan Musrenbang adalah tindak lanjut dari pra musrenbang yang dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2020. 
 
Musrenbang kali ini masih memakai sistem E-Planing dimana usulan tidak bisa naik di tengah jalan, ungkap Isnawati.  
 
Dalam Musrenbang ini tidak boleh melabrak regulasi dan harus sejalan dengan visi misi Walikota Solok yang tertuang dalam RPJMD. "Berbagai usulan diMusrenbang seluruh Kota Solok ini sangat banyak tentu tidak bisa semuanya diakomodir karena anggaran terbatas, jadi hari ini kita diharuskan memilih mana yang memang paling prioritas," ungkap Lurah Sinapa Piliang. 
 
Sementara, Hendrizal selaku pembicara dari Badan Perencanaan Daerah mengatakan untuk Musrenbangkel pada tahun ini kita dituntut untuk fokus pada percepatan pemulihan ekonomi, "Dampak dari wabah Covid-19 sangat terasa efeknya, tidak hanya berkutat di infrastruktur saja, tapi juga pada ekonomi, Kesehatan," katanya. 
 
Berbagai upaya telah dilakukan Pemda Solok dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 dengan pemberian modal bantuan usaha, pelatihan UMKM, dan lainnya. 
 
"Melalui pemberdayaan ini masyarakat diharapkan mampu berperan aktif, serta bekerjsama dalam upaya membangkitkan perekonomian, dan menggali potensi yang ada," ungkap Hendrizal.
 
Kegiatan ini dibuka oleh Camat Lubuk Sikarah Bapak Novri Aprilizen, dan turut dihadiri oleh beberapa Instansi terkait seperti Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan KUKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Pariwisata dan Dinas PUPR. Instansi yang hadir tersebut berhubungan dengan masing-masing bidang seperti Bidang Prasarana Wilayah, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Ekonomi.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR