Home Internasional Penyebaran dan Gejala Virus Nipah yang Belum Ada Vaksinnya

Penyebaran dan Gejala Virus Nipah yang Belum Ada Vaksinnya

New Delhi, Gatra.com - Selama 22 tahun terakhir, wabah sporadis virus Nipah --penyakit menular yang baru muncul, telah memicu kekhawatiran di kalangan ahli virus dan pejabat kesehatan internasional.

Pertama kali dikenali pada tahun 1999 saat wabah menyerang peternak babi di Malaysia. Virus itu, selama beberapa tahun berikutnya dilaporkan di seluruh negara Asia.

Virus itu telah kembali menjadi sorotan, menyusul laporan Access to Medicine Foundation.

Saat perang melawan pandemi COVID-19 berkecamuk, para ahli kesehatan mewaspadai bahwa virus Nipah (NiV) berpotensi menjadi pandemi baru.

Laporan tersebut menekankan bahwa virus Nipah perlu mendapat perhatian dari para ahli kesehatan dunia karena wabah virus di China, ini diketahui memiliki tingkat kematian hingga 75 persen, dan berpotensi menjadi risiko pandemi besar berikutnya di tengah perusahaan farmasi raksasa yang belum siap karena fokus pada COVID- 19.

“Virus Nipah adalah penyakit menular lain yang muncul dan menimbulkan kekhawatiran besar. Nipah bisa meledak kapan saja. Pandemi berikutnya bisa jadi infeksi yang resistan terhadap obat,” kata direktur eksekutif Access to Medicine Foundation,  yang berbasis di Belanda, Jayasree K Iyer, dikutip The Guardian.

Bagaimana virusnya?

Ditularkan dari hewan ke manusia, virus ditemukan dalam makanan yang terkontaminasi. Orang yang pernah terinfeksi Nipah dapat menularkan ke orang lain.

Pada orang yang terinfeksi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hal itu menyebabkan berbagai penyakit mulai dari infeksi asimtomatik (subklinis) hingga penyakit pernapasan akut dan penyebabnya fatal ensefalitis, atau radang otak. Perawatan yang biasa dilakukan adalah perawatan suportif.

Selama wabah pertama yang diketahui di Malaysia, yang juga mempengaruhi Singapura, kebanyakan infeksi pada manusia disebabkan oleh kontak langsung dengan babi yang sakit, atau jaringan mereka yang terkontaminasi.

Sedangkan penyebaran wabah di Bangladesh dan India, dari konsumsi buah-buahan atau produk buah-buahan (seperti jus kurma mentah) yang terkontaminasi dengan urin atau air liur dari kelelawar buah, yang terinfeksi merupakan sumber infeksi yang paling mungkin.

Penularan virus Nipah dari manusia ke manusia juga telah dilaporkan di antara keluarga dan perawat pasien yang terinfeksi.

Risiko infeksi di wilayah lain dimungkinkan, karena bukti virus telah ditemukan di reservoir alami yang diketahui (spesies kelelawar Pteropus) dan beberapa spesies kelelawar lainnya di beberapa negara, termasuk Kamboja, Ghana, Indonesia, Madagaskar, Filipina, dan Thailand.

Selama wabah di Bangladesh dan India, virus Nipah menyebar langsung dari manusia ke manusia melalui kontak dekat dengan sekresi dan ekskresi orang. 

Di Siliguri, India pada tahun 2001, penularan virus juga dilaporkan dalam pengaturan layanan kesehatan, di mana 75 persen kasus terjadi di antara staf rumah sakit atau pengunjung. Dari 2001 hingga 2008, sekitar setengah dari kasus yang dilaporkan di Bangladesh disebabkan oleh penularan dari manusia ke manusia, melalui pemberian perawatan kepada pasien yang terinfeksi.

Wabah virus Nipah di negara bagian selatan India, Kerala, pada 2018 merenggut 17 jiwa. Pada saat itu, negara-negara, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melarang sementara impor buah dan sayuran beku dan olahan dari Kerala sebagai akibat dari wabah di sana.

Saat itu, pejabat kesehatan percaya bahwa wabah Nipah di Bangladesh dan India mungkin terkait dengan minum jus kurma.

Tinjauan tahunan 2018 atas daftar Cetak Biru R&D WHO untuk penyakit prioritas menunjukkan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk penelitian dan pengembangan yang dipercepat untuk virus Nipah, yang belum tersedia pengobatan atau vaksin - baik untuk manusia maupun hewan.

Orang yang terinfeksi virus Nipah awalnya mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, muntah, dan sakit tenggorokan. Pusing, mengantuk, kesadaran yang berubah, dan tanda-tanda neurologis yang mengindikasikan ensefalitis akut, dapat terjadi.

Beberapa orang juga dapat mengalami pneumonia atipikal dan masalah pernapasan parah, termasuk gangguan pernapasan akut. Pada kasus yang parah, kejang dapat menyebabkan koma dalam waktu 24-48 jam.

Masa inkubasi, yang merupakan interval dari infeksi hingga timbulnya gejala, berkisar antara 4 hingga 14 hari. Paling lama ada contoh kasus infeksi virus Nipah dengan masa inkubasi 45 hari.

Menurut pedoman penyakit WHO tentang virus, dengan tidak adanya vaksin, satu-satunya cara untuk mengurangi atau mencegah infeksi pada orang adalah dengan meningkatkan kesadaran tentang faktor risiko dan mendidik orang mengenai bagaimana tindakan yang dapat mereka ambil untuk mengurangi serangan terhadap virus nipah.

606

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR