Home Teknologi Jimat Pemuja Yohanes Pembaptis Melindungi dari 'Vampire'

Jimat Pemuja Yohanes Pembaptis Melindungi dari 'Vampire'

Danville, Gatra.com- Jimat ajaib yang baru diuraikan mengklaim dapat menghentikan roh-roh jahat "yang memakan daging dan minum darah," temuan para arkeolog. Live Science, 09/03.

Sekitar 1.600 tahun yang lalu, orang Mandaean, yang tinggal di Irak selatan dan Iran selama ribuan tahun, menulis mantera pada jimat utama dalam bahasa mereka Mandaic. Saat dibuka, jimat terlihat seperti sepotong timah tipis dan panjang.

Penemuan ini dapat menjelaskan agama Mandaean, yang kompleks dan memadukan beberapa kepercayaan. Mandaeisme atau Mandaeanisme (bahasa Arab: مندائية‎ Mandāʼīyah) adalah sebuah agama gnostik dengan kosmologi dualistik yang kuat. Para pengikutnya, Mandanean, memuliakan Adam, Habil, Seth, Enos, Nuh, Sem dan Aram dan khususnya Yahya (Yohanes Pembaptis).

Yohanes Pembaptis dan Malaikat Jibril keduanya adalah tokoh penting dalam praktik agama. Orang Mandaean zaman modern sering kali secara ritual membenamkan diri dalam air sebagai bentuk pemurnian, dan mereka mengikuti filosofi pasifis di mana kekerasan tidak dapat digunakan bahkan untuk membela diri.

Menurut teks yang diuraikan, jimat itu dimaksudkan untuk melindungi seorang pria bernama Abbiya dari roh peminum darah dan iblis. "Atas nama kehidupan, semoga ada kesehatan bagi roh dan jiwa Abbiya, putra Mahua," kata teks yang diterjemahkan itu.

Jimat itu memanggil Jibril, yang merupakan "malaikat para dewa", untuk "melempar, mengikat, menyerang, membunuh, dan membelenggu iblis". Juga menyerukan kepada Jibril untuk menghentikan "roh yang makan daging dan minum darah" dari menyakiti Abbiya. "Dari putra dan putri, semoga suara yang agung, penyembuhan, kemenangan, pemeteraian, perlindungan, dan pemeteraian bagi tubuh dan jiwa dan jiwa. Abbiya…," kata jimat itu.

Jimat itu memiliki panjang sekitar 8 inci dan lebar 1,7 inci (20,3 kali 4,4 sentimeter) dan berisi 62 baris tulisan, Tom McCollough, seorang profesor agama emeritus di Center College di Danville, Kentucky, mengatakan dalam sebuah presentasi baru-baru ini di virtual joint tahunan. pertemuan Institut Arkeologi Amerika (AIA) dan Society for Classical Studies (SCS).

Center College membeli jimat yang tidak digulung, bersama dengan dua lainnya, dari seorang kolektor pada tahun 2009 seharga US$5.000 (Rp70 juta). Pada saat pembelian, kolektor mengatakan bahwa jimat tersebut dibeli oleh seorang anggota keluarga di Yerusalem pada tahun 1950-an, dengan menampilkan foto-foto yang mendukung klaim tersebut, kata McCollough.

Foto-foto ini penting, karena Irak selatan telah banyak dijarah selama beberapa dekade terakhir; dan McCollough mengatakan bahwa banyak jurnal tidak akan menerbitkan prasasti dari Irak kecuali ada bukti bahwa mereka tidak dijarah baru-baru ini.

Ketiga jimat tersebut terbuat dari timah dan memiliki selubung tembaga. Dengan menganalisis jumlah korosi pada jimat yang telah diuraikan, ahli kimia Center College Jeff Fieberg menemukannya berasal dari setidaknya 450 M dan mungkin lebih awal, kata Fieberg. Menggunakan metode penanggalan ini pada jimat lain yang dibeli dari kolektor, Fieberg menemukan bahwa jimat itu bertanggal setidaknya tahun 750 M.

Karena jimat itu sangat tua, mereka dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana agama Mandaeanisme berkembang dari waktu ke waktu, kata para peneliti. "Satu-satunya hal yang kami miliki dari periode awal adalah alat ajaib ini," kata McCollough.

Orang Mandaean zaman modern berpartisipasi dalam upacara pembaptisan di Australia. Sekitar 50.000 orang mempraktikkan agama Mandaean hari ini. Jimat magis yang baru-baru ini diuraikan menjelaskan nenek moyang kuno mereka.

Diperkirakan 50.000 Mandaean masih hidup hari ini. Selama ribuan tahun, mereka berbasis di Irak selatan dan Iran; tetapi mereka menghadapi penganiayaan selama pemerintahan mantan presiden Irak Saddam Hussein dan menjadi sasaran beberapa kelompok militan setelah invasi AS ke Irak tahun 2003.

Akibatnya, banyak orang Mandaean yang terpaksa melarikan diri dari Irak, beberapa di antaranya sekarang tinggal di Amerika Serikat, Australia, Swedia, Inggris Raya, dan Kanada.

Live Science menghubungi anggota komunitas Mandean untuk mengetahui pendapat mereka tentang jimat dan agama mereka, meskipun tidak ada yang menanggapi hingga dipublikasikan.

Penelitian tentang jimat sedang berlangsung. Baru-baru ini, para peneliti berhasil membuka gulungan jimat yang berasal dari tahun 750 M dan sedang dalam proses penguraian tulisan.

7740