Home Gaya Hidup Karena Ini Uji Coba PTM Kelas VI SD Ditunda

Karena Ini Uji Coba PTM Kelas VI SD Ditunda

Karanganyar, Gatra.com- Pemerintah Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah menunda uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) bagi peserta didik kelas VI. Sedianya uji coba dimulai Senin (19/4). 
 
Bupati Karanganyar Juliyatmono beralasan, penundaan uji coba karena belum seluruh guru divaksinasi. Pembentukan herd immunity sedianya menguatkan diri dari serangan virus. "Jika dipaksakan untuk masuk sekolah. Dikhawatirkan kalau terjadi penularan, bakal lebih sulit penanganannya," kata Juliyatmono, Senin. 
 
Sebelumnya sempat direncanakan uji coba PTM bagi peserta didik kelas VI yang akan menjalani ujian sekolah secara luring pada pekan depan. Mereka membutuhkan sosok guru usai setahun tak bersua. "Awalnya saya mengira dosisnya cukup untuk diberikan ke guru. Tapi kenyataannya diberikan ke lansia dan pelayan publik pada dosis kedua. Itu saja kurang," katanya. 
 
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Nurini Retno Hartati mengatakan terdapat sejumlah pertimbangan penundaan uji coba PTM. Diantaranya, munculnya sejumlah klaster Covid 19 serta belum adanya vaksinasi bagi guru.
 
Lebih lanjut, Nurini menambahkan, rencana pada Rabu 21 April mendatang akan dilakukan rapat seluruh kepala sekolah tingkat SD di Karanganyar melalui meeting zoom untuk membahas kesiapan PTM bersama Bupati Karanganyar. "Sempat Karanganyar diingatkan Pemprov Jateng. Terkait rencana mau uji coba PTM kelas VI SD. Di Karanganyar saja masih tinggi kasusnya dan ada klaster penularan baru," katanya. 
1109