Home Teknologi Percepat Vaksinasi, Mobil PJJ Disulap Jadi Sentra Vaksin

Percepat Vaksinasi, Mobil PJJ Disulap Jadi Sentra Vaksin

Jakarta, Gatra.com- Kebutuhan sentra vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 akhirnya memambuat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalihfungsikan unit mobil satelit sebagai salah satu fasilitas vaksinasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam, menjelaskan bahwa mobil yang didukung oleh kemampuan akses internet tersebut sejatinya dirancang guna mendukung Pembelajaran Jarak Jauh di daerah tertinggal. Namun, mengingat program vaksinasi yang harus diakselerasi,  maka untuk sementara fungsi unit tersebut akan diperuntukan sebagai Mobile Vaccinator atau Mobil Vaksinasi

"Untuk saat ini terdapat dua mobil vaksinasi yang dihibahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan mobil vaksin tersebut dapat menjemput bola melakukan vaksinasi kepada masyarakat," kata Nizam dalam Konferensi pers daring penyerahan Mobil Vaksinasi, Selasa (6/7).

Nizam menyebut alasan pemberian hibah dilakukan kepada Provinsi DKI Jakarta karea saat ini Jakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki kasus covid-19 yang tertinggi. Sehingga, penghibahan didahulukan kepada DKI Jakarta guna mempercepat program vaksinasi di Ibu kota tersebut "Dengan adanya mobil vaksinasi ini, Semoga bisa menjangkau daerah yang belum terjangkau vaksinasi atau pelayanan kesehatan yang tersedia," tutur Nizam.

Sementara itu, Deputi Gubernur DKI Jakarta, Suharti menyampaikan apresiasi atas hibah dua mobil vaksinasi yang dipercayakan pasa pihaknya. Kedepan, Pemprov DKI Jakarta berjanji akan memanfaatkan mobil tersebut, guna memberikan layanan vaksinasi dengan jangkauan wilayah yang lebih luas. "Kami harap mobile vaccination ini bisa beroperasi dalam waktu dekat dan memberikan dampak nyata bagi penangannan covid di Jakarta," tandasnya

162