Home Hukum Operasi Patuh Jaya Berakhir, Puluhan Ribu Kendaraan Ditindak

Operasi Patuh Jaya Berakhir, Puluhan Ribu Kendaraan Ditindak

Jakarta, Gatra.com - Petugas menindak 44.003 kendaraan dalam Operasi Patuh Jaya 2021. Hal ini terhitung sepanjang Operasi Patuh Jaya 2021 berlangsung, yakni dari 20 September-3 Oktober 2021.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono, menyebutkan, dari 44.003 tersebut, sebanyak 24.262 SIM dan 19.360 STNK pengendara disita. Petugas juga menyita 109 kendaraan roda 2 dalam penindakan pelanggaran tersebut.

"Iya, betul disita," ucap Argo melalui pesan singkat pada Senin (4/10).

Menurut Argo, angka penindakan tersebut merupakan estimasi. "Estimasi kurang lebihnya itu," tutur Argo.

Jumlah kendaraan roda 2 yang melakukan pelanggaran sebanyak 32.554. Selain itu, terdapat 6.765 kendaraan roda 4 dan 4.684 angkutan umum yang juga melakukan pelanggaran.

Petugas bukan hanya menindak pengendara yang melanggar, tetapi juga melakukan teguran. Sebanyak 29.982 pengendara ditegur dalam operasi ini.

Argo menjelaskan bahwa dalam Operasi Patuh Jaya, terdapat berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara seperti knalpot tidak sesuai standar, menggunakan rotator, pelat nomor kendaraan yang tidak sesuai, melawan arus, melanggar rambu dilarang parkir, pelanggaran ganjil genap, masuk ke jalur Trans Jakarta, dan pelanggaran lainnya. 

Argo juga menyebutkan, Operasi Patuh Jaya 2021 tidak diperpanjang. Polisi melanjutkan kegiatan rutin yang menurutnya ditingkatkan. Jumlah yang terlibat dalam operasi ini adalah 3.070 persone terdiri dari Satgas dan Satgaspres.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menuturkan, Operasi Patuh Jaya bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dalam disiplin berlalu lintas.  

"Karena Operasi Patuh Jaya 2021 ini ada 2 tujuannya, yaitu meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan meningkatkan kepatuhan terhadap disiplin berlalu lintas," tutur Sambodo dalam siaran di YouTube Polda Metro Jaya pada Kamis (23/9).

Untuk disiplin berlalu lintas, kata Sambodo, petugas melakukan kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif. Selain itu, razia juga ditiadakan.

Menurut Sambodo, pelaksanaan operasi ini juga diisi patroli berskala besar, pembubaran kerumunan, pembagian masker, dan kampanye 3M.

257