Home Gaya Hidup Sumpah Pemuda, Erik : Jadilah Agent of Change

Sumpah Pemuda, Erik : Jadilah Agent of Change

Labuhanbatu, Gatra.com – Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumut, H. Erik Adtrada Ritonga, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93 tahun 2021 di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Kamis (28/10).

Dalam sambutannya, Erik meminta kepada semua pemuda menjadi sebagai agen perubahan (agent of change). Karena, merupakan fakta dan sejarah bahwa pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa.

Membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Bupati Erik menyampaikan HSP mengambil tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh" bertujuan menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun pemuda saat ikrar tahun 1928 silam.

Dalam sumpah pemuda, ujarnya, hanya dengan persatuanlah kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Tema bersatu, bangkit dan tumbuh itu sesungguhnya diperuntukan seluruh elemen bangsa.

Namun bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah diharapkan Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Lebih jauh diucapkan Bupati Erik, jika pemuda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, maka pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia.

Hak itu dapat diwujudkan jika pemuda memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia lebih baik.

"Untuk itu momentum hari sumpah pemuda, kita harus mampu menjadi perekat persatuan sebagai bangsa untuk bangkit bersama melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh," papar Bupati Erik.

Saat ini, seperempat populasi penduduk Indonesia menjadi harapan besar kemajuan bangsa yang sudah di depan mata. Tetapi jika tanpa komitmen bersatu, niscaya impian menjadi bangsa yang unggul tidak akan terwujud.

128