Home Kesehatan Kejar Target, Vaksinasi di Pekalongan Disiapkan Hadiah Motor

Kejar Target, Vaksinasi di Pekalongan Disiapkan Hadiah Motor

Pekalongan, Gatra.com - Vaksinasi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah terus dikebut untuk mencapai target capaian 90 persen. Untuk menarik minat warga, panitia vaksinasi menyediakan hadiah sepeda motor.

Doorprize tersebut disediakan dalam Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemkot Pekalongan bekerja sama dengan Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan Kota dan perbankan. Vaksinasi massal itu akan digelar selama 14 hari mulai Senin (29/11) di lima lokasi, salah satunya di Lapangan Mataram.

Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid menjelaskan, gebyar vaksinasi digelar sebagai upaya memenuhi target cakupan vaksinasi sebesar 90 persen. Hingga akhir November, cakupan vaksinasi di Kota Pekalongan baru mencapai sekitar 78 persen untuk kalangan masyarakat umum, dan 52 persen untuk kalangan lansia.

“Kegiatan gebyar vaksinasi ini sangat luar biasa karena disediakan doorprize tiga unit sepeda motor dan doorprize menarik lainnya. Semoga dengan gebyar vaksinasi berhadiah ini warga lebih bersemangat dan lebih sadar bahwa vaksinasi, ini bermanfaat untuk kesehatan mereka dalam membentuk herd immunity,” ujar Aaf, sapaan akrabnya, Senin (29/11).

Aaf berharap upaya yang dilakukan pemerintah dengan bersinergi bersama semua pihak tersebut, dapat menggenjot cakupan vaksinasi. Dia memasang target pada akhir tahun cakupan vaksinasi sudah mencapai 90 persen.

“Kita akan kejar terus targetnya sebesar 90 persen untuk masyarakat umum, dan lansia diharapkan bisa di atas 60 persen hingga akhir tahun 2021," tandasnya.

Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan mengatakan, kuota vaksinasi yang disediakan selama 14 hari sebanyak 1.000 dosis per hari di lima titik. "Sehingga dengan harapan per harinya paling tidak 5.000 orang bisa tervaksin," ujarnya.

Menurut Hamonangan, kupon hadiah sudah disebar di semua titik pelayanan vaksinasi. Khusus hadiah sepeda motor, dua unit sepeda motor diperuntukkan untuk peserta vaksinasi lansia, dan satu unit sepeda motor untuk masyarakat umum. Adapun pengundian akan dilakukan pada hari terakhir, yakni pada 14 Desember.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya khususnya lansia untuk bisa mengikuti gebyar vaksinasi yang dilaksanakan mulai hari ini hingga 14 hari ke depan di lima titik pelayanan vaksinasi secara serentak,” ucapnya.

1156