Home Internasional Sony-Honda Umumkan Peluncuran Mobil Listrik Mereka

Sony-Honda Umumkan Peluncuran Mobil Listrik Mereka

Tokyo, Gatra.com - Mobil listrik membawa tren baru dalam industri yaitu kolaborasi industri elektronik dan otomotif. Sony Corp dan Honda Motor Co baru saja mengumumkan rencana kerjasama untuk mengembangkan serta memasarkan kendaraan listrik. Kedua perusahaan Jepang itu juga membuka pintu untuk masuknya pihak lain dalam kolaborasi itu.

Menurut Reuters, Jumat, (4/3) kedua perusahaan itu manargetkan perusahaan patungan keduanya sudah mulai beroperasi tahun ini. Selanjutnya penjualan model pertama dimulai 2025.

Honda akan bertanggung jawab untuk memproduksi model pertama, sementara Sony akan mengembangkan platform layanan mobilitas.

"Dalam usaha patungan ini, kami ingin memimpin evolusi mobilitas dengan menggabungkan teknologi dan pengalaman kami (pengalaman panjang Honda) dalam pengembangan mobilitas serta teknologi pembuatan bodi kendaraan," kata CEO Sony Kenichiro Yoshida didampingiCEO Honda Toshihiro Mibe dalam konferensi pers di Tokyo.

"Di masa depan, kami ingin memperluas bisnis kami dengan pola pikir terbuka," kata Mibe, seraya menambahkan Honda akan terus mengembangkan strategi kendaraan listriknya sendiri yang terpisah dari usaha patungan.

Pengumuman itu muncul ketika produsen elektronik berusaha untuk melanjutkan ambisinya untuk menjadi pemain kunci dalam industri mobil generasi berikutnya, sementara produsen mobil seperti Honda berada di bawah tekanan untuk membuat mobil bebas karbon serta kendaraan yang dilengkapi dengan fitur masa depan.

Sony yang selama ini dikenal sebagai produsen elektronik mengkonfirmasi bahwa mereka akan segera meluncurkan kendaraan listrik. Pada pameran elektronik Consumer Electronic Show (CES) Januari lalu, CEO Sony, Kenichiro Yoshida, mengatakan sedang menjajaki waktu peluncuran kendaraan listrik pertama Sony. Selama ini Sony sudah memamerkan prototipe kendaraan listrik yang diberi nama Sony Vision-S.


 

130