Home Ekonomi Jaga Ekosistem Perairan, Perum Jasa Tirta 1 Tebar Puluhan Ribu Ekor Benih Ikan di Waduk Mulur

Jaga Ekosistem Perairan, Perum Jasa Tirta 1 Tebar Puluhan Ribu Ekor Benih Ikan di Waduk Mulur

Sukoharjo, Gatra.com – Salah satu upaya menjaga ekosistem di Waduk Mulur, Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah, Perum Jasa Tirta 1 menebar puluhan ribu ekor benih ikan, Senin (26/6/2023). Kegiatan ini menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Kepala Sub Devisi Jasa Air Jasa Tirta III/1 Fendri Ferdian mengatakan, jumlah benih ikan nila yang ditebar di Waduk Mulur sebanyak 25 ribu ekor benih.

“Kegiatan ini untuk mempertahankan ekosistem perairan. Karena pemejaan alami itu terbatas, jadi kami bantu dengan menebar benih dari luar,” katanya.

Dipilihnya benih nila ini lantaran nila merupakan komoditas utama di Waduk Mulur. Sehingga restocking ini diharapkan menjadi salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan. Restocking juga upaya mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

“Nila ini relatif lebih tahan cuaca,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kelestarian alam dan lingkungan bisa terjaga. Lebih jauh kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan populasi perikanan, sehingga dapat menyeimbangkan ekosistem perairan.

“Kaidah penangkapan ini yang harus diperhatikan, jangan pakai strom, racun, pakai jaring tapi jangan terlalu kecil diameternya,” imbuhnya.

Ditambahkan Fendri, kegiatan menebar benih ini sudah rutin dilakukan. Dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan tebar benih di Waduk Gajah Mungkur.

Sebelumnya, Perum Jasa Tirta 1 bersama dengan PT PLN Indonesia Power melakukan penebaran sebanyak 100.000 ekor benih ikan di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Jenis benih ikan yang ditebar yakni nila hitam dan ikan patin, dimana dua jenis ikan tersebut merupakan komoditas utama di Waduk Gajah Mungkur.

92