Home Mikro IKEA Indonesia Komitmen Dukung UMKM di Indonesia

IKEA Indonesia Komitmen Dukung UMKM di Indonesia

Tangerang, Gatra.com– Dalam rangka memperingati hari UMKM sedunia yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2023, IKEA Indonesia menunjukkan komitmennya dengan terus mendukung UMKM di Indonesia melalui Teras Indonesia.

Sejak pertama kali dibuka di Indonesia, IKEA turut serta memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM dan seniman lokal (di IKEA Kota Baru Parahyangan dan IKEA Ciputra World Surabaya) dengan menyediakan area khusus bagi para UMKM untuk mendisplay dan menjual produk mereka di toko IKEA.

“Sebagai upaya kami untuk mendukung UMKM Indonesia agar mereka dapat memperkenalkan karya kreatif dan produk unggulan mereka kepada pengunjung toko IKEA, kami bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program Teras Indonesia guna memberi kesempatan kepada mereka untuk melaksanakan pameran selama satu periode pada area yang telah disediakan,” ujar Communication & PR Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6).

Baca juga: IKEA Ajak Masyarakat Indonesia Nikmati Perayaan Midsummer

Selain Teras Indonesia, IKEA juga menjalankan inisiatif lain untuk UMKM, seperti kolaborasi antara Instellar dengan IKEA Social Social Entrepreneurship Indonesia Accelerator (I-SEA). Program I-SEA adalah program akselerator untuk menciptakan peluang yang lebih baik bagi orang-orang yang rentan dan termarjinalkan, dengan berkontribusi pada peningkatan usaha sosial lokal.

Program ini melibatkan beberapa wirausaha sosial yang dimulai dengan perekrutan. Setelah itu, para wirausaha sosial yang terpilih mengikuti beberapa tahapan yaitu tahap akselerasi dan Growth and Impact Hack yang mencakup kegiatan pendampingan (mentoring).

Program kolaborasi Instellar dengan I-SEA yang telah berjalan dari Oktober 2021 – Juli 2023, diikuti oleh 10 wirausaha sosial yang fokus pada agrikultur berkelanjutan hingga pengelolaan sampah, tekstil dan responsible sourcing. Ke sepuluh wirausaha sosial yang telah mengikuti program ini adalah Kulaku Indonesia, Alner, Duitin, Liberty Society, Rumah Mocaf Indonesia, Westbike Messenger Service, Greenie, QYOS, Sustaination, dan Plépah.

“Dengan berhasilnya program kolaborasi ini, IKEA bersama Instellar akan melanjutkan komitmennya dalam membantu wirausaha sosial melalui program ke dua yang akan dimulai tahun 2024 mendatang,” ujar Ririn Basuki.

Baca juga: Dukung Persiapan Anak Sekolah, IKEA Hadirkan Program IKEA Back to School

Bentuk lain dari komitmen IKEA terhadap Teras Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan talkshow dan workshop dengan mengundang perwakilan dari UMKM, seniman lokal yang telah tergabung di Teras Indonesia dan pemerintah setempat sebagai pembicara.  Acara diadakan pada tanggal 27 Juni 2023 di IKEA Ciputra World Surabaya.

214