Home Nasional Jokowi Lantik Menkominfo Baru, Wamen dan Wantimpres, Begini Sumpahnya

Jokowi Lantik Menkominfo Baru, Wamen dan Wantimpres, Begini Sumpahnya

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo telah melantik Eks Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI yang baru. Dengan begitu, Budi secara resmi telah menggantikan posisi Johnny G. Plate yang harus mundur dari posisi Menkominfo usai tersandung kasus hukum.

Tak hanya Menkominfo, Jokowi juga melantik sejumlah pejabat baru negara. Beberapa di antaranya adalah lima orang Wakil Menteri dan dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

"Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan Saudara-Saudara sebagai Menteri Negara dan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019 - 2024, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada Saudara-Saudara, bersediakah Saudara-Saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" kata Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7).

Baca Juga: Budi Arie Setiadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Ini Profilnya

Pertanyaan itu pun segera dijawab dengan kesediaan dari masing-masing calon pejabat yang berdiri di hadapan Jokowi. Kedelapan pejabat baru itu kemudian mengucapkan sumpah jabatan dengan kepercayaan masing-masing.

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Budi Arie saat mengucapkan janji jabatan mengikuti Presiden Joko Widodo.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian janji tersebut.

Diketahui, Jonny Plate terjerat kasus korupsi Menara BTS 4G pada pertengahan Mei 2023. Sejak saat itu, posisi Johnny dialihkan sementara waktu kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD, sebagai Plt. Menkominfo.

Dengan pelantikan Budi Arie itu, maka Jokowi juga melantik sosok baru, yakni Paiman Raharjo, untuk mengisi kekosongan posisi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Baca Juga: Presiden Lantik Budi Arie Menkominfo Baru, Lima Wamen dan 2 Wantimpres

Selain itu, Jokowi juga telah melantik Wakil Menkominfo baru, yakni Nezar Patria. Telah dilantik pula Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Syaiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama.

Sementara itu, Jokowi juga telah turut melantik dua orang Wantimpres dalam kesempatan tersebut. Keduanya adalah Djan Farid dan Gandi Sulistiyanto.

144