Home Mikro BNI dan ANTAM Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah Jakarta

BNI dan ANTAM Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah Jakarta

Jakarta, Gatra.com- Bazar UMKM untuk Indonesia kembali hadir di Jakarta. Agenda rutin bulanan sepanjang tahun 2023 yang merupakan bagian dari perayaan 25 tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan kembali digelar di Lantai Rubanah-Lantai Basement Gedung Sarinah, Jakarta.

Kali ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) yang berperan sebagai penyelenggara pada Bazar yang akan berlangsung pada 27-30 Juli 2023. Bazar ini terasa lebih spesial karena sekaligus memperingati Hari Anak Nasional 2023.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) berkontribusi dalam meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Dengan berbelanja produk UMKM maka secara tidak langsung sudah berkontribusi mendukung perekonomian Indonesia.

"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujarnya dalam konferensi persnya, Kamis (27/7).

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting. (GATRA/Dok Ist)

Lota menyampaikan perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PBD) Indonesia hampir 61 persen dan menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja.

Lebih lanjut, 65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga. Bazar edisi Juli 2023 ini konsisten melanjutkan upaya nyata Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sekaligus memberikan kesempatan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas dari tiga kategori produk yaitu kuliner, fesyen, kriya, dan produk kecantikan.

Baca juga: KemenBUMN Bersama Pegadaian dan PNM Gelar Bazar UMKM di Sarinah

Kota mengatakan bahwa barang yang dijual UMKM unik dan tidak massal. Untuk produk UMKM kali ini, nilai produknya adalah mencapai Rp250 juta. Kegiatan bazar yang berlangsung selama 4 hari tersebut disemarakkan dengan serangkaian agenda kegiatan peragaan busana dewasa, remaja dan anak-anak, Penampilan Musik Michelle, Presentasi Produk UMKM dari Peserta UMKM BNI dan ANTAM.

Bertepatan dengan momentum perayaan Hari Anak Nasional juga ditampilkan kegiatan gelar wicara (Talkshow) “Strategi Smart Family Menciptakan ’Quality Time’ Bersama Anak” dengan narasumber ahli Psikolog Hersa Aranti, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, dan Pelaku Usaha dengan moderator Mafin Rizqi pada Jumat 28 Juli 2023.

Selain itu juga digelar berbagai kegiatan hiburan dan permainan serta mini workshop bertajuk “Olahan Bekal Anak Praktis & Bergizi” serta penampilan Musik Andang.

Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie menambahkan, kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia juga merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia pada bulan Juli ini karena bisa memberikan kesempatan kepada para mitra binaan ANTAM untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki," jelasnya.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Ekspor, Kolaborasi Kemenkeu Satu Gelar Bazar UMKM

Selain itu, lanjut Faisal, pada kesempatan ini ANTAM juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan investasi produk logam mulia ANTAM karena pengunjung dapat membeli langsung produk emas ANTAM selama bazar ini berlangsung.

Event bulanan selama tahun 2023 tersebut menjadi sarana akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dari berbagai daerah dalam memasarkan produknya secara offline di Sarinah Jakarta maupun online melalui platform e-commerce Pasar Digital Indonesia https://padiumkm.id agar dapat lebih dikenal sehingga tercipta transaksi belanja untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

240