Home Mikro Kampanye Pejuang Lokal Dukung Pemguatan Produk Lokal

Kampanye Pejuang Lokal Dukung Pemguatan Produk Lokal

Jakarta, Gatra.com- Menjelang peringatan HUT ke-78 RI, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) gelar kampanye tahunan Pejuang Lokal sebagai bentuk penguatan komitmennya terhadap pengembangan produk lokal dengan tema #TakGentarCekoutSekarang.

Blibli menjadikan program ini sebagai ajang inspirasi dan kolaborasi dengan Pejuang Lokal yang akan berlangsung pada 14-18 Agustus 2023. Lewat serangkaian promo belanja spesial untuk produk-produk Pejuang Lokal, mulai dari cashback up to Rp170 ribu hingga flash sale serba Rp17 ribu. 

Alasan Blibli kembali menggaungkan kampanye #PejuangLokal #TakGentarCekOutSekarang adalah dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Kampanye ini dijalankan dalam kolaborasi bersama produk lokal terdepan: Acaii Tea, Buttonscarves, Eiger dan Realfood.

"Yang diharapkan bisa menjadi inspirasi pelaku usaha lokal lainnya untuk terus naik kelas dan mengembangkan usahanya hingga bisa sebesar mereka. Tetapi sekaligus juga membentuk persepsi masyarakat bahwa produk lokal Indonesia memiliki kualitas yang setara pada produk-produk yang ada di pasar global," katanya dalam konferensi persnya, Senin (14/8).

Tahun ini, kampanye Pejuang Lokal menggaet empat brand asal Indonesia, yakni Acaii TeaButtonscarvesEiger, dan Realfood. Keempat brand lokal inspiratif ini mengusung nilai-nilai yang sejalan dengan Blibli, yakni inovasi, kualitas dan orisinalitas produk yang pada akhirnya meningkatkan nilai dari brand dan kebanggaan penggunanya. 
CEO Buttonscarves, Linda Anggrea menyambut dukungan nyata Blibli sebagai enabler pertumbuhan brand lokal, apalagi dengan kehadiran fitur-fitur unggulan yang memudahkan seller dalam memenuhi pesanan.

“Bergabung sejak 2019, Buttonscarves memutuskan menggunakan layanan Disediakan Blibli (Fulfillment by Blibli) agar penyimpanan produk lebih aman di gudang Blibli, proses retur dari pelanggan juga lebih mudah, serta pemenuhan pesanan yang dapat dilakukan dengan cepat," katanya.

Memahami kebutuhan gaya hidup masyarakat Indonesia yang ingin tampil stylish di berbagai kesempatan, dengan memanfaatkan fitur 2 Jam Sampai Blibli, produk kami dapat tiba di tangan pelanggan dengan cepat,” ungkap Linda.

Apresiasi senada juga disampaikan Direktur Utama Realfood, Edwin Pranata. Menurutnya, Blibli telah membuka peluang kolaborasi dalam membangun identitas brand sebagai produk minuman kesehatan unggulan asli Indonesia. “Bergabung dengan Blibli membuka peluang untuk kolaborasi bersama brand global dan lokal dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam hal ini, lanjut Edwin adalah penetrasi pasar yang lebih luas dengan produk berbahan dasar terbaik dari alam Indonesia. "Sejauh ini kami telah menjalin kolaborasi eksklusif dengan Adidas dan Tefal, bahkan sekarang produk Realfood juga sudah tersedia di Ranch Market dan Farmers Market sebagai bagian dari ekosistem omnichannel Blibli Tiket,” ujar Edwin.

Lebih jauh lagi, Jason Edward selaku General Manager Eiger dan Jessica Irene selaku owner Acaii Tea mengungkapkan bahwa masyarakat lebih termotivasi untuk membiasakan gaya hidup sehat dan aktif pasca pandemi. Hal ini diperkuat hasil Asia Pacific Health Priority Survey 2023 terhadap 5.504 konsumen berusia 18 hingga 78 tahun di 11 negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Hasil survei mencatat hampir 92 persen responden Indonesia menjadi lebih peduli dengan kesehatan. Sebanyak 86% responden Indonesia bahkan bersedia menambah pengeluaran untuk kesehatan dan kebugaran, termasuk untuk konsumsi makanan yang lebih sehat dan membeli suplemen diet.

Senada dengan kesadaran masyarakat ini, maka permintaan akan produk minuman kesehatan maupun kebutuhan perlengkapan olahraga luar ruang juga meningkat.

Menjawab permintaan pasar ini, Blibli turut menghadirkan beragam festival belanja online dan offline, yang didukung fitur gratis ongkir, untuk mendukung konsumen dalam mendapatkan produk lokal yang diinginkannya dengan cepat.   

Dalam hari apresiasi pada produk lokal tersebut, Arto Biantoro selaku aktivis brand lokal juga turut menyambut peran dan komitmen Blibli sebagai enabler dalam mendorong pertumbuhan brand lokal. Menurutnya, brand lokal perlu membangun identitas yang orisinal, memperkuat kolaborasi, dan memiliki tujuan jangka panjang dalam membangun basis pelanggan dan mendorong kebanggaan mereka menggunakan produk asli Indonesia.

“Membangun identitas yang orisinal penting, misalnya dengan menjadi official store di Blibli, memenuhi perizinan dan sertifikasi produk sesuai aturan pemerintah sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan berbelanja," jelasnya.

Dalam hal ini, kolaborasi bersama brand lokal maupun global juga menjadi lebih mudah. "Dengan bergabung dalam ekosistem omnichannel Blibli yang terintegrasi untuk membangun merek, nilai, dan penetrasi pasar yang lebih luas,” papar Arto.

 Blibli, selain memastikan kemudahan bagi para pelanggan untuk membeli produk lokal, juga aktif mendampingi para mitra seller lokal untuk berkembang secara inklusif melalui solusi komprehensif kepada setiap seller yang bergabung.

Diantaranya edukasi strategi pemasaran melalui Blibli Seller University, layanan Blibli Seller Center untuk mengakomodir kebutuhan seller, layanan Fulfillment by Blibli untuk memudahkan penyimpanan stok di gudang Blibli dan proses retur produk, serta microsite khusus untuk pemasaran aneka produk lokal berkualitas. 

225