Home Mikro Di Digitalk Fest 2023, SiCepat Komitmen Dukung UMKM Go Digital

Di Digitalk Fest 2023, SiCepat Komitmen Dukung UMKM Go Digital

Jakarta, Gatra.com- CEO SiCepat Ekspres, Adam Jaya Putra menegaskan bahwa sebagai penyedia jasa layanan pengiriman, SiCepat Ekspres konsisten mendukung penuh misi pemerintah dalam rangka memajukan UMKM untuk migrasi ke ekosistem digital.

Sebab, digitalisasi UMKM yang tengah digalakkan oleh pemerintah ini menjadi salah satu faktor pendorong yang signifikan bagi berkembangnya bisnis SiCepat yang telah beroperasi sejak tahun 2014.

"Digitalisasi ini sangat membawa dampak positif bukan hanya untuk rekan-rekan UMKM, tapi juga bagi kami sebagai penyedia layanan pengiriman," ungkap Adam dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (14/9).

Baca juga: Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia, SiCepat Konsisten Adakan Program UMKM Sanubari

Menurut dia, hal ini juga terbukti secara bisnis dimana SiCepat mengalami peningkatan hingga delapan belas kali lipat di tahun 2018 sampai 2021. "Oleh karena itu, kami ingin rantai kontribusi positif ini terus berjalan dengan baik di mana SiCepat dan para pelaku UMKM saling mendukung satu sama lain," tegas dia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, kontribusi UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha. Juga kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5% dan mampu menyerap tenaga kerja 96,9%.

"Dengan UMKM yang akan terus go digital bisa kita bayangkan betapa besarnya dampak UMKM bagi PDB Indonesia kedepannya” jelas Adam.

Baca juga: Lewat Program Sanubari, SiCepat Ekspress Bagikan Tips Hemat Biaya Operasional Dalam Berbisnis

Untuk menunjang itu, SiCepat Ekspres juga konsisten memberikan dukungan kepada UMKM melalui berbagai program edukasi, apresiasi, hingga akselerasi yang dihadirkan melalui adanya program UMKM Sanubari (Siap Bangkit Untuk Negeri).

Program yang berjalan sejak tahun 2022 ini telah merangkul lebih dari 4.000 orang. UMKM Sanubari juga turut menberi dukungan berupa dana usaha serta perlengkapan produksi dan promosi senilai lebih dari Rp100 juta bagi pelaku usaha UMKM

"Lewat program Sanubari ini, kami memberikan pelatihan-pelatihan dasar bagi pelaku usaha memulai bisnis di era digital. Mulai dari ilmu dasar fundamental, marketing, iklan digital sampai mereka bisa menjalankan bisnis secara autonomous dengan menggunakan ekosistem yang kami berikan," jelas Adam.

Baca juga: SiCepat Ekspres Gandeng Komunitas UMKM Pertajam Digital Marketing

Bahkan, melalui program Loyalty, SiCepat memberikan secara gratis, layanan foto dan video produk agar UMKM yang bergabung dengan SiCepat dapat lebih kompetitif tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang mahal.

SiCepat Ekspres juga turut hadir dalam pameran UMKM Digitalk Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Bataknese Professionals Association di Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (13/09). Adam turut berpartisipasi dan menyuarakan dukungan dalam memajukan pelaku UMKM menuju Go Digital.

86