Home Olahraga Indonesia Masuk Grup A, Skuad U-17 Optimis Lolos Babak Penyisihan

Indonesia Masuk Grup A, Skuad U-17 Optimis Lolos Babak Penyisihan

Jakarta, Gatra.com - Hasil undian Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17  dalam babak penyisihan Piala Dunia U-17 2023 berlangsung Jumat (15/9) malam. Bertengger di Grup A, Tim Merah-Putih terhindar dari grup neraka dan tergabung bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti yakin anak asuhnya bisa lolos dari penyisihan. Meskipun begitu, ia menegaskan skuad Garuda tetap waspada.

"Kita optimistis bisa lolos ke babak selanjutnya. Selanjutnya di Jerman kita akan cari lawan yang mirip dengan Panama, Ekuador dan, Maroko," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (16/9).

Ia menilai bahwa tidak ada lawan yang lemah di grup mana pun. Namun, peluang untuk lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar.

"Para pemain menyadari ini persaingan level elite dengan lawan yang tidak mudah. Timnas U-17 sedang berproses. Pemain jangan pernah takut, harus yakin berikan yang terbaik buat negara," lanjutnya.

Dukungan penuh juga diberikan PSSI kepada seluruh punggawa Timnas Indonesia U-17, termasuk pelatih dan official. Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali menyebut bahwa Tim Merah-Putih harus menjadi tim yang tangguh.

"Apa yang mereka butuhkan kami upayakan tersedia. Mereka harus mendapat fasilitas terbaik saat menjalani persiapan. Tak hanya membentuk tim yang solid, tapi kami juga membentuk mental yang tangguh," katanya.

Menurutnya, kepercayaan diri menjadi kunci penting menghadapi negara-negara level dunia. Apalagi, bukan hanya negara yang terbiasa dihadapi melainkan dari seluruh dunia. Maka, ia meminta Timnas Indonesia tetap optimis dan tidak merasa kalah sebelum bertanding.

Kapten Timnas Indonesia U-17, Iqbal Gwijangge, sepakat dengan hal itu. Ia akan menampilkan permain terbaik menghadapi seluruh lawannya.

"Semua negara di Grup A berat. Tapi sebagai tuan rumah dengan didukung suporter kita yakin bisa berbuat yang terbaik. Pemain semua juga yakin akan bisa mencetak sejarah," pungkasnya.

FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru. Gelaran kompetisi sendiri akan berlangsung pada tanggal 10 November sampai 2 Desember 2023.


Pembagian Grup Piala Dunia:

Grup A: Indonesia, Ekuador, Maroko, Panama

Grup B: Spanyol, Mali, Uzbekistan, Kanada

Grup C: Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru

Grup D: Jepang, Argentina, Senegal, Polandia

Grup E: Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso

Grup F: Meksiko, Jerman, Selandia Baru, Venezuela

50