Home Ekonomi Manulife: Pentingnya Masyarakat Siapkan Perencanaan Finansial untuk Pensiun

Manulife: Pentingnya Masyarakat Siapkan Perencanaan Finansial untuk Pensiun

Jakarta, Gatra.com – Head of EB Distribution Manulife Indonesia, Samanta Felia, mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi masyarakat soal pentingnya perencanaan pengelolaan keuangan guna mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

Samanta di Jakarta, Jumat (29/9), mengatakan, pihaknya kian menggencarkan edukasi tersebut karena masih terbilang rendahnya masyarakat Indonesia yang memiliki perencanaan keuangan untuk pensiun.

Rendahnya angka masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan finansial untuk pensiun sejak dini ini terlihat dari data Manulife Asia Care Survei 2023, yakni hanya 54% responden yang memiliki perencanaan masa pensiun.

Berdasarkan survei tersebut, lanjut dia, lebih dari tiga perempat responden masih mengandalkan dana tunai dan hampir separuh mengandalkan warisan dan skema jaminan pemerintah.

“Merupakan hal yang baik bagi masyarakat Indonesia untuk menyadari pentingnya mengelola keuangan dan mempersiapkan perencanaan pensiun agar dapat mempersiapkan hari tua yang mandiri dan sejahtera,” kata Samanta.

Ia menyampaikan, Manulife Indonesia senantiasa berkomitmen meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai literasi keuangan dan memberikan edukasi berkelanjutan akan pentingnya dana pensiun untuk mempersiapkan hari tua.

Salah satu edukasi yang dilakukan pihaknya, lanjut Samanta, adalah melalui webinar bertajuk “Cerdas Finansial, Pensiun Bahagia” yang dibuka Direktur & Chief EB dan Syariah Distribution Manulife Indonesia, Karjadi Pranoto.

Webinar yang juga menghadirkan Perencana Keuangan PT Cerdas Keuangan Indonesia, M. Andoko, sebagai narasumber tersebut diikuti lebih dari 250 orang peserta.

56