Home Pendidikan SiCepat Ekspres Gandeng HMIK UI Edukasi Penanganan Krisis Komunikasi di Perusahaan

SiCepat Ekspres Gandeng HMIK UI Edukasi Penanganan Krisis Komunikasi di Perusahaan

Jakarta, Gatra.com- Manager Corporate Communication SiCepat Ekspres, Rangga Andriana menyebutkan bahwa dalam implementasi penanganan krisis komunikasi internal perusahaan terdapat empat tahapan penting yang harus dilakukan.

Empat tahapan tersebut adalah Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengukuran. ‘’Keempat tahapan ini sangat penting kita lakukan untuk dapat menyelesaikan krisis dengan baik," ujarnya saat menyampaikan materinya dalam seminar ‘’How Corpcomm Handle Internal Communication Crisis’’ di Auditorium Gedung Mochtar Riady, FISIP UI pada Kamis (12/10).

Baca juga: Lewat Webinar Sanubari, SiCepat Ekspres Bantu UMKM Kelola Pembukuan yang Tepat

Rangga menjelaskan bahwa pertama perlu menganalisis krisis tersebut dengan memerhatikan 5W1H sehingga sebagai seorang humas harus betul-betul menx pl
getahui sebab dari terjadinya krisis tersebut.

"Setelah itu, perencanaan menjadi hal yang penting agar program yang kita buat dapat diimplementasikan tepat sasaran, efektif, dan efisien," jelas Rangga dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (14/10).

Terakhir, perlu adanya pengukuran agar kita dapat mengevaluasi apakah penyelesaian krisis yang dilakukan sudah efektif dan tepat sasaran.

Sebagai informasi, SiCepat Ekspres berkolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) Universitas Indonesia menggelar seminar bertajuk ‘’How Corpcomm Handle Internal Communication Crisis".  Rangga hadir sebagai pembicara yang membagikan perspektif dan pengalamannya sebagai Praktisi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam hal penanganan krisis komunikasi internal dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Dihadiri oleh lebih dari 50 mahasiswa Ilmu Komunikasi, seminar ini menuai antusiasme yang tinggi dari para peserta. Rangga menyampaikan bahwa agenda ini menjadi kesempatan bagi SiCepat Ekspres untuk dapat menjalin relasi dengan institusi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai kelompok usia produktif yang tengah mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja.

‘’Melalui seminar ini, kami ingin memberikan perspektif dan berbagi pengalaman khususnya berkaitan dengan bagaimana peranan humas, dalam hal ini Corporate Communication SiCepat Ekspres dalam menangani sebuah krisis komunikasi internal perusahaan berdasarkan apa yang dialami secara nyata oleh perusahaan," kata Rangga.

Baca juga: SiCepat Ekspres Raih Dua Penghargaan dalam Marketeers Editor's Choice Award 2023

Wawasan ini sangat penting bagi mahasiswa khususnya di jurusan ilmu komunikasi, di mana krisis merupakan isu besar yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keberlangsungan bisnis perusahaan.

"Maka dari itu, kami ingin mahasiswa dapat mengetahui bagaimana krisis dan cara menanganinya baik itu secara teori maupun implementasinya di dunia kerja. Sehingga, mereka dapat mempersiapkan diri dan meningkatkan sensitifitas untuk dapat mengenali ciri krisis itu sendiri dan menyelesaikan ketika di masa depan bekerja sebagai seorang praktisi humas.’’ jelas Rangga.

107