Home Ekonomi Urgensi Respons Atasi Kerawanan Pangan

Urgensi Respons Atasi Kerawanan Pangan

Jakarta, Gatra.com- Dunia sedang dihantui berbagai krisis. Setelah krisis harga-harga meningkat karena pandemi dan perang Rusia-Ukraina, sekarang perang lain berkecamuk di Timur Tengah. Namun krisis global yang tak kalah pentingnya dan sedang mengintai dunia akan menimbulkan dampak sosial ekonomi yang besar, yaitu krisis kerawanan pangan. Krisis kelaparan, malnutrisi, dan kerawanan pangan.

Krisis kerawanan pangan yang sedang berlangsung menuntut respons yang mendesak. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kemiskinan, konflik, bencana alam, dan perubahan iklim.

Menghadapi penderitaan besar di seluruh dunia, kita membutuhkan pemerintah di belahan dunia manapun bersedia dan mampu menawarkan solusi. Menurut Program Pangan Dunia (WFP), 333 juta orang menghadapi kerawanan pangan akut pada tahun 2023, naik dari 78 juta orang pada tahun 2015.

Baca juga: Perkuat Ketahanan Pangan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kalsel Luncurkan Inovasi Budidaya Pertanian

Hal ini berarti mereka tidak mampu mendapatkan pangan yang cukup untuk diri mereka sendiri atau keluarga mereka. WFP juga memperkirakan 129.000 orang diperkirakan akan mengalami kelaparan di berbagai negara Afrika pada tahun 2023 ini. Krisis kelaparan global telah menjadi kritis.

Secara global, diperkirakan sekitar 345 juta orang menghadapi tingkat kerawanan pangan akut. Tahun ini, jumlahnya naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2020, dimana 45 juta anak di bawah lima tahun menderita kekurangan gizi akut.

Hingga dua juta dari anak-anak itu meninggal setiap tahun dan perubahan iklim yang menaikkan suhu rata-rata dunia serta konflik kekerasan membuat masalah menjadi lebih buruk. Lebih dari 50 negara yang hidupnya telah hancur oleh konflik dan krisis seperti perubahan iklim.

Dunia harus melangkah lebih jauh

Mengatasi kerawanan pangan yang merupakan tantangan kompleks, memerlukan pendekatan komprehensif dan multisegi. Ada empat bidang yang harus diperhatikan oleh pemerintah di negara manapun untuk mengatasi kerawanan pangan.

Pertama, masing-masing pemerintah harus berkomitmen untuk meningkatkan solusi dan inovasi yang terbukti dan hemat biaya, membangun dan memelihara program bantuan pangan darurat untuk segera memberikan bantuan selama krisis. Contohnya dalam penyediaan makanan terapi siap saji yang diperkaya dengan nutrisi tertentu. Hal ini dapat membantu 92% anak-anak yang kekurangan gizi akan dapat pulih.

​​​​​​Baca juga: Mitigasi Dampak El Nino Pemerintah Gelontorkan Insentif Rp300 Miliar ke Daerah
Kedua, perbaikan kebijakan terhadap penanganan krisis iklim yang terkait erat dengan keamanan pangan. Kebutuhan kemanusiaan sangat terkonsentrasi pada beberapa negara yang terkena dampak konflik dan kerentanan terhadap iklim yang semakin memanas.

Mengingat pentingnya pembiayaan sektor pangan yang berhubungan dengan perubahan iklim, pemerintah harus memastikan bahwa hal ini berhubungan dengan komunitas yang paling rentan membutuhkan peningkatan pemetaan risiko iklim tingkat lokal.

Dukungan kerugian dan kerusakan harus datang sebagai tambahan dari komitmen iklim keuangan yang ada dan proporsional dengan kebutuhan masyarakat yang rentan. Mengatasi iklim keuangan juga berarti mengatasi krisis utang global dan menanggapi kebutuhan akan rezim utang yang lebih berkelanjutan.

Sudah diketahui bahwa negara-negara dengan ruang fiskalnya menyusut, semakin memiliki kekurangan kapasitas untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia dan mencegah kerawanan pangan.

Ketiga, dunia harus menutup kesenjangan pembiayaan nutrisi global di tahun-tahun mendatang. Pemerintah harus melihat ke depan dengan ambisi untuk pembiayaan nutrisi pertumbuhan. Mereka harus meningkatkan dukungan dana untuk ketahanan pangan.

Hal ini juga berhubungan dengan terlaksananya program-program yang mengatasi penyebab utama kemiskinan, karena kemiskinan merupakan penyebab utama kerawanan pangan. Mendukung pelatihan kerja dan inisiatif penciptaan yang dapat dilaksanakan untuk mengangkat masyarakat keluar dari kemiskinan.

​​​​​​Baca juga: Gerakan Maju Tani Paparkan Konsep Meta Farming Kepada Ketua Umum HKTI
Keempat, kemauan politik harus dimobilisasi dengan menyatukan para pemimpin dunia dalam rencana global untuk mengatasi kerawanan pangan selamanya. Retorika tinggi oleh para pemimpin global harus diterjemahkan ke dalam implementasi kebijakan yang mencakup dukungan praktis untuk rencana nutrisi dan keamanan pangan nasional.

Dengan upaya bersama dan terkoordinasi, kita dapat membalikkan keadaan kerawanan pangan global, dan Inggris dapat menunjukkan kapasitasnya untuk memimpin. Di samping hal di atas beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan oleh individu, komunitas, dan organisasi untuk mengatasi kerawanan pangan, yang terdapat pada poin-poin selanjutnya.

Kelima, promosi dan investasi pada praktik pertanian berkelanjutan untuk memastikan produksi pangan jangka panjang, serta mendorong pertanian lokal dan skala kecil untuk memperkuat sistem pangan masyarakat.

Keenam, peningkatan akses terhadap pendidikan pertanian untuk membantu petani mengadopsi teknik modern dan efisien, di samping mendidik masyarakat tentang nutrisi dan pilihan pangan berkelanjutan.

Baca juga: Ganjar Diskusi soal Ketahanan Pangan dengan Petani Milenial di Cianjur

Ketujuh, meningkatkan sistem distribusi pangan, yaitu dengan mengembangkan jaringan distribusi yang efisien dan andal untuk mengurangi limbah makanan dan memastikan pengiriman makanan tepat waktu kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini juga berhubungan dengan peningkatan investasi dalam bidang teknologi untuk melacak dan mengelola distribusi makanan dengan lebih efektif.

Kedelapan, mendukung bank pangan lokal, yaitu meningkatkan jumlah bank makanan lokal untuk membantu mendistribusikan makanan kepada mereka yang membutuhkan, serta mendorong dan mendukung kebun masyarakat untuk menyediakan produk lokal yang segar.

Kesembilan, penjelajahan terhadap teknologi inovatif seperti pertanian presisi, untuk meningkatkan hasil panen, serta memanfaatkan analisis data dan kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan produksi dan distribusi pangan.

Kesepuluh, investasi pada Infrastruktur, yaitu perbaikan terhadap infrastruktur transportasi, penyimpanan, dan pengolahan produk pangan untuk mengurangi kerugian. Pengembangan sistem irigasi dan strategi pengelolaan air untuk meningkatkan produktivitas pertanian akan sangat membantu.

Dan terakhir, ke sebelas, mendorong kedaulatan pangan, yaitu pemberdayaan masyarakat untuk memiliki kendali atas sistem dan sumber daya pangan mereka, serta mendorong kebijakan yang mendukung produksi dan distribusi pangan lokal.

Ketahanan pangan global harus dikedepankan demi kesejahteraan manusia. Penting untuk disadari bahwa solusi terhadap kerawanan pangan berbeda-beda berdasarkan konteks spesifik setiap komunitas atau wilayah.

Kombinasi strategi-strategi ini, yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, dapat berkontribusi pada sistem pangan yang lebih berkelanjutan dan adil. Kita harapkan bahwa kerawanan pangan tidak semakin buruk dan solusi harus diusahakan agar masyarakat dunia menjadi sejahtera.

Oleh: Prof. Raymond R. Tjandrawinata

Penulis adalah professor dan pengamat bidang Bioteknologi Kesehatan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

196