Home Olahraga Piala Eropa 2024: 12 Negara Ikuti Playoff, Rebutan 3 Tiket Tersisa, Siapa Saja?

Piala Eropa 2024: 12 Negara Ikuti Playoff, Rebutan 3 Tiket Tersisa, Siapa Saja?

Nyon, Gatra.com - UEFA menetapkan 12 negara untuk mengikuti babak playoff Piala Eropa 2024.

Mereka akan berebut 3 tiket sisa untuk bisa ikut tampil di Jerman.

Ke-12 negara tersebut dibagi menjadi tiga grup. Masing-masing grup yang diisi empat negara akan memainkan sitem gugur. Siapa lawan siapa dilakukan melalui undian, pada Kamis (23/11).

Baca Juga: Italia Unggulan Terbawah, Bakal Satu Grup dengan Tim Kuat

Dua belas tim dipilih berdasarkan penampilan mereka di Nations League 2022/23 – yang secara nominal merupakan juara grup Liga A, B, dan C, namun jika sudah lolos mereka akan digantikan oleh tim dengan peringkat terbaik berikutnya di liga mereka.

Grup A dihuni Polandia, Estonia, Wales, dan Finlandia. Hasil undian, Polandia akan bertemu Estonia. Sedangkan Wales melawan Finlandia. Pemenang dari dua laga itu akan bertemu di final untuk berebut 1 tiket.

Begitu pula dengan Grup B. Grup ini dihuni Israel, Islandia, Bosnia Herzegovina, dan Ukraina. Israel akan bertemu dengan Islandia. Sementara Ukraina melawan Bosnia.

Baca Juga: 21 Negara Lolos ke Piala Eropa 2024, Siapa Saja?

Adapun Grup C ditempati oleh Georgia, Luxemburg, Yunani, dan Kazakhstan. Georgia akan melawan Luxemburg, dan Yunani bertanding dengan Kazahkstan.

Sejauh ini, 20 negara lolos dari kualifikasi dengan status dan peringkat kedua grup. Satu tiket, dipegang oleh tuan rumah Jerman.

Tiga pemenang dari babak playoff ini akan masuk Pot terlemah dalam undian grup saat kompetisi berlangsung.

166