Home Ekonomi Membelah Jawa Tengah Dengan Mitsubishi Xforce

Membelah Jawa Tengah Dengan Mitsubishi Xforce

Semarang, Gatra.com - Hiroshi Masuoka legenda hidup yang mengukir namanya lewat kerasnya pertarungan Paris Dakar Rally, memilih menghabiskan masa tuanya dengan membantu meracik SUV buatan Mitsubishi. Berbekal pengalaman panjang dua puluh kali terlibat Paris Dakar Rally, Hiroshi Masuoka ikut cawe-cawe dalam pengembangan SUV Compact Mitsubishi Xforce.

Pria ramah berusia 63 tahun mensupervisi pengembangan fitur menarik yang ada di SUV ini yaitu driving score. Dengan mengukur akselerasi, pengereman dan steering, mobil akan memberi nilai pengemudi. Nilai itu terpampang pada layar infotaiment. Jika mengemudi agresif nilainya cenderung rendah. Sebaliknya jika mengemudi defensif, nilai naik. Lewat panduann skor itu, pengemudi bisa melatih kemampuannya untuk mengemudi lebih efisien. Manfaatnya selain konsumsi bahan bakar lebih baik, kenyaman penumpang juga meningkat.

Mitsubishi Xforce juga asyik juga dibawa mengemudi lebih agresif. Dengan mesin yang sudah terbukti di Xpander Series, 1.499 cc DOHC berpadu dengan transmisi CVT. Mesin ini menghasilkan tenaga 77 kW atau sekitar 103 HP dan torsi 141 Nm yang dialirkan ke roda depan.

Sensasi agresif muncul dari racikan CVT baru yang memungkinkan menahan perpindahan di rpm lebih tinggi. "Karakternya menjadi seperti transmisi 8AT," terang Product Planning Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Ngabehi Marzuq disela-sela test drive Mitsubishi Xforce, Jumat (8/12).

Suspensi juga telah disesuaikan dengan barbagai kondisi jalan di Indonesia. Serangkai penyempurnaan dilakukan untuk meningkatkan stabilitas kendaraan juga kenyamanan penumpang.

Baca juga: Test Drive Mitsubishi Xforce: Menikmati Kursi Belakang

Apa yang diterangkan MMKSI itu terbukti pada saat mencoba mobil lima penumpang ini dengan rute Solo – Semarang – Yogyakarta. Yang digunakan adalah varian teratas, Mitsubishi Xforce Ultimate. Rutenya beragam mulai dari tol dengan kecepatan tinggi, jalan perkotaan yang padat, jalanan pedesaan yang sempit. Mulai dari kawasan pesisir di Kota Lama Semarang hingga dataran tinggi berkabut di Kopeng.

Perjalanan dimulai dari bandara Adi Soemarmo Solo menuju Salatiga lewat tol Solo - Bawen. Di jalan tol yang membelah Jawa ini, sempat mencoba fitur cruise control yang diatur lewat palang kemudi sebelah kanan. Fitur ini masih konvensional, belum dilengkapi kemampuan adaptif yang bisa menyesuaikan diri dengan kecepatan kendaraan lain didepanya.

Setelah beristirahat di Salatiga, perjalanan dilanjutkan ke Kota Lama Semarang. Pada rute ini peserta ditantang untuk mendapatkan driving score sebaik mungkin. Perjalanan melewati tol diiringi hujan ringan yang membuat lintasan menjadi basah. Beruntung XForce sudah dilengkapi dengan wiper otomatis yang langsung on ketika sensornya membaca ada tetesan air.

Setelah beristirahat di Semarang, perjalan dilanjutkan menuju Kopeng. Rute kombinasi tol dan jalan pedesaan yang didominasi tanjakan. CVT yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda menambah pasokannya hingga 25% saat jalan menanjak. Sehingga pengemudi tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam. Sebaliknya saat jalan menurun akselerasinya ditahan 10 persen sehingga frekuensi menekan pedal rem lebih sedikit. Dan steering yang disempurnakan membantu meningkatkan stabilitas dan kelincahan di rute berliku.

Mengantisipasi beragam kondisi jalan, Mitsubishi merancang mobil ini dengan ground clearance 222mm, tertinggi di kelasnya. Untuk mengkompensasi body roll yang mungkin terjadi, para insinyur Mitsubishi selain menyempurnakan kaki-kakinya juga disempurnakan dengan fitur Active Yaw Control (AYC) juga Active Stability Control (ASC) yang secara otomatis -dengan kendali CPU - meningkatkan stabilitas mobil yang menentramkan hati.

Perjalanan diakhir di kota Yogyakarta. Sebelum finish perjalanan melintasi kawasan perkotaan yang padat. Fitur Blind Spot Warning membantu pengemudi untuk terus waspada dengan kondisi seputar. Demikian juga dengan Rear Cross Traffic Alert yang membantu saat mundur dengan aman.

Perjalanan dua hari mendemonstrasikan potensi yang dimiliki Mitsubishi Xforce sebagai kendaraan urban yang memberikan kenyamanan diberagam kondisi jalan.

241