Home Mikro Pemprov Malut Libatkan UMKM Unjuk Produk Unggulan di Hari Nusantara 2023 Tidore

Pemprov Malut Libatkan UMKM Unjuk Produk Unggulan di Hari Nusantara 2023 Tidore

Tidore, Gatra.com- Pemerintah terus berkomitmen mendorong keterlibatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai ajang dan kegiatan berskala nasional. Tujuannya adalah menggerakkan ekonomi kerakyatan sebagai penopang perekonomian daerah bahkan nasional.

Gelaran Hari Nusantara 2023 di yang berlangsung pada 10 hingga 13 Desember 2023 dan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut), jadi satu dari sekian banyak kegiatan yang melibatkan UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Provinsi Maluku Utara, Wa Zaharia mengatakan, Hari Nusantara 2023 dijadikan pihaknya sebagai momentum mengenalkan produk unggulan UMKM lokal dari 10 kabupaten/kota di Maluku Utara. 

Baca juga: Pemko Binjai Apresiasi UMKM Expo KAHMI Sumut

"Momen Ini kami jadikan kesempatan untuk Promosi Produk unggulan UMKM Maluku Utara di kancah nasional, karena banyak tamu dari berbagai daerah," kata Zaharia dikutip dari keterangan rertulisnya, Selasa (12/12).

Pemerintah Provinsi Malut dikatakannya telah menyiapkan 100 stand khusus untuk digunakan UMKM unjuk produk unggulan melalui Pameran Nusantara UMKM Expo 2023 di sepanjang Jalan Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan.

Aneka produk yang dipamerkan di antaranya, berupa makanan, kopi rempah, kerajinan tangan, aksesoris besi putih, pariwisata, fashion dan beberapa produk lainnya.

Baca juga: DSC Season 14: Sumpah Pemuda, Momen Pemuda Bersatu dan Berkarya untuk Indonesia

Beberapa rangkaian dari peringatan Hari Nusantara 2023 juga digelar di antaranya, senam bersama goyang Tidore, lomba renang, bakti kesehatan, karnaval budaya, bakar sate ikan terbanyak, penanaman pohon mangrove, demonstrasi paramotor, pagelaran tari kolosal, sailling pas, parade perahu nelayan dan penampilan grup band Slank.

Peringatan Hari Nusantara 2023 akan berlangsung pada 10 hingga 13 Desember 2023 dan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi Lembaga yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 bertemakan "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah".

Baca juga: Gelaran Hari Nusantara 2023, Pantai Tugulufa, UMKM

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kota Tidore Kepulauan, Azis Hadad menyatakan bahwa rangkaian peringatan telah resmi dibuka oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gunawan Siswantoro. Pembukaan turut dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Amirulloh, Sekda Provinsi Maluku Utara Syamsuddin A. Kadir, Wali Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan DPRD, dan Forkopimda Kota Tidore.

46