Home Politik Debat Hari Pertama: Ini Tanggapan Anies Soal Kekerasan yang Terjadi di Papua

Debat Hari Pertama: Ini Tanggapan Anies Soal Kekerasan yang Terjadi di Papua

Jakarta, Gatra.com - Dalam debat Calon Presiden pertama yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa banyak tanggapan terhadap permasalahan kekerasan yang ada di Indonesia khususnya yang terjadi di Papua.

Menurutnya, masyarakat banyak yang berbeda pandangan terhadap hal tersebut. Ada yang menganggap terorisme ada yang menganggap separatisme, bahkan ada yang mengganggap hal tersebut adalah kriminal.

“Kita di Jakarta itu terdapat beda pandangan apa masalahnya? Masalah utamanya tidak adanya keadilan di tanah Papua. Itu masalah utama,” kata Anies saat debat hari pertama di KPU, Selasa (12/12).

Menurut Anies, tujuannya bukan semata-mata untuk mentiadakan kekerasan, karena damai itu bukan tidak ada kekerasan, tapi damai itu ada keadilan.

“Jadi caranya gimana? Satu, atas semua pristiwa pelanggaran HAM yang terjadi dilakukan tindakan penyelesaian hingga tuntas,” jelasnya.

Kemudian, kedua mencegah terjadinya pengulangan dengan memastikan semua yang bekerja di Papua memahami bahwa yang harus dihadirkan bukan tidak ada kekerasan tapi keadilan.

“Yang ketiga melakukan dialog dengan semua secara partisipatif,” tegasnya.

48