Home Hiburan Festival Musik dan Budaya Indonesia

Festival Musik dan Budaya Indonesia

Jakarta, Gatra.com- Simfoni Bintang Kecil menggelar Event Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia ke-1 Tahun 2023 dengan mengusung tema “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia” yang di gelar pada tanggal 9 dan 10 Desember 2023 lalu di Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Event yang mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahahudin Uno, dikutip dari Instagram @festivalmusikdanbudayaanakindo, berangkat dari kegelisahan dan kepedulian para Founder ‘Simfoni Bintang Kecil’ (Ardian Khatulistiwa, Melia Lustojoputro, Dikka Khatulistiwa, Indra Jati) akan kondisi anak-anak Indonesia saat ini, yang dirasa lupa dan lebih mengenal budaya serta tradisi asing dari pada budayanya sendiri.

Baca juga: Platform Digital Pacu Industri Musik, YAMI Kebut Program Proteksi Musisi

Event ini menyuguhkan beragam spot dan kegiatan kreatif seperti arena permainan tradisional, Wonderful Indonesia Virtual Tour and Photobooth, booth/tenant UMKM yang menjual baik makanan minuman ataupun souvenir khas Indonesia. Juga penampilan dari sanggar-sanggar tari tradisional, serta memberikan panggung bagi anak-anak yang memiliki ketertarikan dan bakat dalam bidang seni, musik dan budaya Indonesia.

Acara Festival ini, dibuka dengan Menyayikan lagu Indonesia Raya yang di nyanyikan oleh Ariani Nisma Putri dengan diiringi oleh 1.000 pemain biola yang di pimpin oleh Antea Turk cicit buyut dari W.R Supratman pencipta lagu Indonesia Raya.

Simfoni Bintang Kecil menggelar Event Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia ke-1 Tahun 2023 dengan mengusung tema “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia” yang di gelar pada tanggal 9 dan 10 Desember 2023 lalu di Jakarta Internasional Stadium (JIS). (GATRA/Dok Simfoni Bintang Kecil)

Lewat Festival ini pula, “Simfoni Bintang Kecil’ ingin memberikan penghargaan apresiasi kepada anak-anak bangsa berprestasi yang berperan bagi dunia anak kita dan mengharumkan nama Indonesia, apresiasi mana diberikan kepada Bunda Titiek Puspa, Ir. Purwa Tjaraka, Seto Mulyadi (Kak Seto), Mischka Aoki dan Devon Kei Kenzo, Letkol Laut Ricky Tacomariyanto, dan Michelle Hadip.

Dalam event Festival banyak sekali pengisi acara yang ikut menambah kemeriahan dari kalangan para artis dan musisi, diantaranya Ry Hyori, Daniel Abraham, Tina Toon, Chibi-Chibi (Cheerybell), Bondan Prakoso dll yang dilatari dengan nuansa dan tari-tarian tradisional modern sanggar budaya Indopro.

Baca juga: Sound of Unity, Hadir Mengkolaborasi Pecinta Musik dan Otomotif

Tidak hanya itu, dalam event ini disuguhkan juga Drama Musikal legenda Indonesia yang diperankan oleh anak-anak bangsa persembahan sanggar Connection Production. Selama 2 hari berlangsung, terlihat animo peserta, pengisi dan pengunjung acara mencapai + 7.000 (tuju ribu) orang. 

Para Founder dari “simfoni Bintang Kecil’ yang diwakili oleh Ardian Khatulistiwa berharap “Semoga acara Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia Konsisten dan berkelanjutan, Semoga lahir para perintis bangsa yang sejati, semoga tradisi seni budaya pertiwi, lestari diseluruh negeri”.

135