Home Makro LPEI dan Asuransi Asei Dorong Pertumbuhan Ekspor Nasional Dengan Asuransi Ekspor

LPEI dan Asuransi Asei Dorong Pertumbuhan Ekspor Nasional Dengan Asuransi Ekspor

Jakarta, Gatra.com- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) memperkuat kerja sama strategis guna mendorong pertumbuhan ekspor nasionalmelalui pemberian fasilitas Co-insurance marine cargo. Kolaborasi ini merupakan upaya penguatan ekosistem ekspor serta bukti nyatakomitmen keduanya dalam memberikan dukungan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dan penetrasipasar ekspor.

Kerja sama strategis tersebut tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman Penyaluran Kegiatan Bisnis danPerjanjian Kerja Sama Co-insurance Marine Cargo antara LPEI dan Asuransi Aseiyang dilakukan Jumat (29/12). Turut hadir menandatangani kerja sama ini adalahDirektur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi, DirekturUtama Asuransi Asei, Achmad Sudiyar Dalimunthe, dan Direktur Teknik Asuransi Asei, Marah Kerma Manurung.

Kolaborasi LPEI dan Asuransi Asei merupakan contoh nyata sinergi antar entitas pemerintah. LPEI sebagai special missionvehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan RI berkolaborasi dengan Asuransi Asei, anak perusahaan PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) yang berada dibawah supervisi Kementerian BUMN.

Baca juga: Di Depan Ratusan Petani Sawit, Menko Perekonomian Airlangga Klaim Ekspor Sawit RI Setara Nikel

Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi menjelaskan, dukungan kepada eksportir melalui fasilitas Co-insurance Marine Cargo akan mendorong pelaku usaha tidak takut untuk melakukan ekspor. "Sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia melaluikontribusi dalam penerimaan devisa, penerimaan pajak, serta memberikan multiplier effect bagi industri dalam negeri," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/12).

Direktur Utama Asei, Achmad Sudiyar Dalimunthe mengatakan, kolaborasi bersama ini diharapkan dapat menggabungkan kapasitas yang kita miliki untukmendorong ekspor nasional. "Terima kasih kepada LPEI yang telah mendukung Asuransi Asei. Mudah-mudahan ini awal yangbaik untuk memperkuat kerja sama kitasehingga kita bisa berperan untuk memajukan ekspor Indonesia,” jelas dia.

Sebagai government agent untuk mengembangkan ekspor, Asuransi Asei Indonesia terus berupaya menciptakan ekosistem ekspor yang terintegrasi. Asuransi Asei banyak melibatkan berbagaipihak seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, OJK, dan asosiasi bisnisdengan tujuan menciptakan sinergi yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelaku ekspor.

Baca juga: Ekspor RI Anjlok 11,83 Persen Jadi US$236,41 Miliar per November 2023

"Mulai daripersiapan hingga transaksi di luar negeri dengan memanfaatkan mekanisme asuransi ekspor. Asuransi Asei berharap ekspor Indonesia dapat berkembang lebih pesat,mengurangi keraguan, dan meningkatkan kepercayaan eksportir dalam bertransaksidagang internasional," tegas Achmad.

Sinergi ini merupakan salah satu cara negara hadir untuk melakukan perlindungan ekspor kepada eksportir Indonesia. Hingga 30 November 2023, solusi asuransi ekspor yang telah disediakan oleh LPEI mencapai Rp11 triliun melalui fasilitas TradeCredit Insurance (TCI) dan Marine Cargo Insurance (MCO) .

LPEI berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan ekosistem ekspor guna memberikan daya saing kepada para eksportir Indonesia. Melalui langkah-langkah ini, LPEI berharap dapat terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan para pelaku usaha, sambil meningkatkan penerimaan devisa negara.

42